Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Tingkatkan Kewaspadaan, Civitas Hospitalia Adakan Simulasi Penanganan Bencana Kebakaran

YOGYAKARTA – Unit Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) RSUP Dr. Sardjito bekerja sama dengan civitas hospitalia di Instalasi Rawat Inap V (Cendrawasih) mengadakan simulasi penanganan bencana kebakaran, Selasa (25/7). Simulasi yang dimulai sejak pukul 13.30 WIB ini melibatkan beberapa dokter, perawat, pasien, satpam hingga petugas cleaning yang saat itu tengah bertugas. Kegiatan simulasi yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kewaspadaan civitas hopitalia dalam menghadapi bencana dibuka oleh Direktur SDM dan Pendidikan RSUP Dr. Sardjito, drg. Rini Sunaring Putri, M.Kes. dan Direktur Umum & Operasional, dr. Djoko Windoyo, Sp.RM. Dalam arahannya, Bapak Direktur menyampaikan bahwa kita harus siap siaga apabila sewaktu-waktu terjadi bencana yang tidak diinginkan dan tetap tenang ketika melakukan evakuasi bukan hanya terhadap pasien,  namun juga aset dan dokumen penting rumah sakit lainnya sesuai dengan tugas masing-masing penanggung jawab.

Simulasi penanganan terhadap bencana merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Tim Unit Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bersama dengan civitas hospitalia sebagai implementasi keselamatan pasien (patient safety). Simulasi kali ini, RSUP Dr. Sarjito juga bekerja sama dengan Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Sleman untuk mengukur kecepatan respon terhadap laporan kebakaran yang disampaikan. Sembari menunggu mobil Damkar datang, petugas Fire Brigade RSUP Dr. Sardjito berusaha untuk memadamkan titik api menggunakan hydrant. Simulasi ini sekaligus digunakan untuk melakukan uji kelayakan terhadap kinerja hydrant yang ada di sekitar lokasi bencana.

Pada akhir simulasi, Direktur Umum dan Operasional RSUP Dr. Sardjito, dr. Djoko Windoyo, Sp.RM menyampaikan paparan terkait evaluasi bahwa kegiatan simulasi ini berfokus pada keselamatan pasien ketika terjadi bencana. Keterampilan civitas hospitalia dalam menangani bencana kebakaran harus senantiasa ditingkatkan sehingga kita siaga apabila sewaktu-waktu terjadi bencana di lingkungan rumah sakit.

“Dalam menangani kebakaran, kita sebagai civitas hospitalia harus tetap tenang sehingga pasien maupun keluarga pasien tidak ikut panik. Segera evakuasi pasien, aset dan dokumen penting rumah sakit dengan sigap.”

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.