Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Senam Otak Sehat Bersama RSUP Dr. Sardjito Dalam Peringatan World Alzheimer Day 2017

YOGYAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Alzheimer Sedunia (World Alzheimer Day) Tahun 2017, Klinik Memori RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta bekerja sama dengan ALZI (Alzheimer’s Indonesia) mengadakan kegiatan bertajuk “Senam Otak Sehat” pada hari Jum’at (22/9) pukul 07.00 WIB di Halaman Gedung Instalasi Rawat Jalan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta yang diawali dengan sambutan Ketua Panitia oleh dr. Astuti, Sp.S (K). Plt. Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito, dr. Mochammad Syafak Hanung, Sp.A, MPH turut memberikan himbauan agar kita saling bahu membahu mencegah kepikunan dengan tetap aktif di usia lanjut. Hari Alzheimer Sedunia merupakan rangkaian dari Bulan Peduli Alzheimer Sedunia (World’s Alzheimer Month). Tema besar yang diambil pada peringatan tahun ini yaitu “Remember Me” dengan mengajak masyarakat mengenali tanda-tanda dimensia sekaligus tidak melupakan orang-orang yang menderita demensia. Pelepasan balon sebagai sebagai tanda peringatan Hari Alzheimer Sedunia oleh jajaran Dewas dan Direksi RSUP Dr. Sardjito dilanjutkan dengan senam otak massal yang dipandu instruktur senam beserta residen neurologi FK UGM dan diikuti oleh 200 peserta. Gerakan yang ritmis serta dinamis dengan iringan musik yang menarik, membuat para peserta senam semakin bersemangat dan ceria dalam senam bersama.

Penyakit dimensia alzheimer adalah gangguan penurunan fisik otak yang mempengaruhi emosi, daya ingat dan pengambilan keputusan dan biasa disebut pikun. Kepikunan seringkali dianggap biasa dialami oleh lansia sehingga alzheimer seringkali tidak terdeteksi, padahal gejalanya dapat dialami sejak usia muda (early onset demensia). Deteksi dini membantu penderita dan keluarganya untuk dapat menghadapi pengaruh psiko-sosial dari penyakit ini dengan lebih baik. Ada sekitar 46 juta jiwa yang menderita penyakit alzheimer di dunia dan sebanyak 22 juta jiwa di antaranya berada di Asia. Hal tersebut berkaitan dnegan lebih tingginya harapan hidup pada masyarakat di suatu negara sehingga populasi penduduk lanjut usia juga bertambah. Penyakit alzheimer paling sering ditemukan pada orang tua berusia > 65 tahun, tetapi dapat juga menyerang orang yang berusia sekitar 40 tahun. Estimasi jumlah penderita alzheimer di Indonesia pada tahun 2013 mencapai satu juta orang. Jumlah itu diperkirakan akan meningkat drastis menjadi dua kali lipat pada tahun 2030 dan menjadi empat juta orang pada tahun 2050.

Hari Alzheimer Sedunia (World’s Alzheimer’s Day) setiap tahun jatuh pada tanggal 21 September. Peringatan Hari Alzheimer Sedunia pertama kali diselenggarakan pada tahun 1994 untuk memperingati 10 tahun berdirinya Alzheimer Disease International (ADI) sebagai organisasi yang berfokus pada penyakit alzheimer. Tujuan peringatan Hari Alzheimer Sedunia yakni untuk meningkatkan kesadaran terhadap alzheimer sekaligus demensia. Salah satu upaya pencegahan alzheimer secara sederhana yang bisa kita lakukan sehari-hari adalah dengan aktivitas fisik, salah satunya dengan rutin melaksanakan senam otak sehat. Senam otak adalah serangkaian gerakan tubuh yang mampu menjaga kesehatan mental dan fungsi kognitif. Gerakan tubuh memang sangat berpengaruh pada aktivitas otak. Dengan rutin melakukan senam otak, kita bisa menyerap informasi lebih cepat, meningkatkan kemampuan belajar, mengasah refleks dan koordinasi tubuh, mempertajam daya ingat dan konsentrasi, serta menyeimbangkan tubuh dan pikiran. Senam otak juga bisa membantu mengurangi stress dan memperbaiki suasana hati kita.

Selain melalukan senam otak massal, acara peringatan Hari Alzheimer Sedunia dilanjutkan dengan penyuluhan dan pembagian leaflet seputar alzheimer oleh Tim Poli Memori RSUP Dr. Sardjito kepada para pengunjung RSUP Dr. Sardjito yang berada di Instalasi Rawat Jalan. Penyuluhan seputar alzheimer ini berisi edukasi mengenai pengertian alzheimer, gejala-gejala penderita alzheimer, cara mencegah terjadinya alzheimer, serta langkah yang harus dilakukan jika ada anggota keluarga kita yang diduga menderita alzheimer. Para peserta penyuluhan tidak hanya mendapatkan materi penyuluhan namun juga dapat bertanya jawab langsung dengan Tim Poli Memori RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

Jangan Maklum Dengan Pikun, Pikun Itu Penyakit! Selamat Hari Alzheimer Sedunia!

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Post a Comment