Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]

Peringati World Glaucoma Week 2018, RSUP Dr. Sardjito Gelar Edukasi Tentang Glaukoma

YOGYAKARTA – Dalam rangka memperingati World Glaucoma Week 2018 yang jatuh pada tanggal 11-17 Maret 2018, KSM Mata RSUP Dr. Sardjito  bekerja sama dengan Unit Promosi Kesehatan RSUP Dr. Sardjito menggelar edukasi tentang Glaukoma selama 3 hari berturut-turut yaitu pada tanggal 13,14,15 Maret 2018 yang bertempat di lobby Poliklinik Mata RSUP Dr. Sardjito sebagai upaya peningkatan pengetahuan masyarakat akan penyakit Glaukoma. Peringatan World Glaucoma Week 2018 ini bisa menjadikan suatu momen untuk mengetahui glaukoma yang merupakan salah satu penyakit mata. Dalam edukasi yang dilakukan oleh dokter mata selama 3 hari, pengunjung mendapatkan pengetahuan lebih dalam mengenai Glaukoma yang dapat menyebabkan kebutaan permanen. Pada survey 2014 dilaporkan Glaukoma merupakan penyebab kebutaan nomor dua setelah katarak dengan prevalensi 0,20%.

Glaukoma merupakan penyakit yang biasanya ditandai dengan kenaikan tekanan bola mata dan merusak saraf optik mata yang merupakan saraf untuk menyalurkan informasi visual dari retina ke otak. Kerusakan saraf optik dapat mengakibatkan hilangnya lapang pandang dan bahkan kebutaan permanen jika tak diobati. Kondisi Glaukoma bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali anak-anak. Glaukoma tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikontrol. Pengobatan tergantung pada tipe glaukoma yang didiagnosis. Pengobatan bisa dalam bentuk obat-obatan, terapi laser atau operasi sesuai dengan arahan dokter untuk pengobatan terbaik bagi masing-masing pasien.

Edukasi yang dilakukan selama 3 hari diikuti secara antusias oleh pasien, keluarga, dan masyarakat yang berkunjung di Poliklinik Mata RSUP dr. Sardjito. Kegiatan ini terbukti sukses karena dalam setiap edukasi mendapatkan respon positif dari audiens. Kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya penyakit mata khususnya glukoma.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Post a Comment