Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Edukasi Kesehatan “Diabetes Mellitus” Melalui Radio RRI Pro 1

 

EDUKASI “DIABETES MELLITUS “ MELALUI SIARAN RADIO RRI PRO 1

Selasa, 17 April 2018

Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit melakukan kegiatan edukasi kesehatan masyarakat melalui siaran radio dilakukan dua kali dalam satu bulan, salah satunya di RRI Pro 1 Yogyakarta. Berkaitan dengan Hari Diabetes Nasional yang jatuh pada tanggal 18 April maka tema pada edukasi ini yaitu “Bagaimana masyarakat awam memahami penyakit diabetes mellitus”.

Data International Diabates Federation (IDF) menunjukkan, jumlah penyandang diabetes di Indonesia diperkirakan sebesar 10 juta dan menempati urutan ketujuh tertinggi di dunia.

Kemudian, prevalensi diabetes di Indonesia cenderung meningkat, yaitu dari 5,7% tahun 2007, menjadi 6,9% tahun 2013. Lebih mencengangkan lagi, seperti dirilis Kementerian Kesehatan (Kemenkes), 2/3 diabetesi (sebutan untuk penderita diabates) di Indonesia tidak mengetahui dirinya memiliki diabetes.

Menurut WHO, Diabetes Melitus (DM) didefinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid dan protein sebagai akibat dari insufisiensi fungsi insulin.

Jenis atau Tipe Diabetes Melitus

1.Diabetes Melitus (DM) tipe 1 
Diabetes melitus tipe 1 terjadi karena naiknya kadar gula dalam darah yang disebabkan karena rusaknya sel-sel dalam pankreas sehingga tidak bisa memproduksi hormon insulin dengan baik. Hormon insulin berfungsi mengangkut glukosa ke dalam sel tubuh untuk menghasilkan energi.
2.Diabetes Melitus (DM) Tipe 2

Diabetes melitus tipe 2 terjadi karena tingginya kadar gula dalam darah akibat dari sel-sel tubuh yang kurang peka terhadap insulin (resistensi insulin) dan juga organ pankreas tidak bisa memproduksi insulin secara normal atau kurang.
Pengobatan dan penanganan penyakit diabetes

Penderita diabetes tipe 1 umumnya menjalani pengobatan therapi insulin (Lantus/ Levemir, Humalog, Novolog atau Apidra) yang berkesinambungan, selain itu adalah dengan berolahraga secukupnya serta melakukan pengontrolan menu makanan (diet).

Pada penderita diabetes mellitus tipe 2, penatalaksanaan pengobatan dan penanganan difokuskan pada gaya hidup dan aktivitas fisik. Pengontrolan nilai kadar gula dalam darah adalah menjadi kunci program pengobatan, yaitu dengan mengurangi berat badan, diet, dan berolahraga.

Cara Mencegah Penyakit Diabetes Melitus

  1. Mengontrol berat badan
  2. Olahraga rutin dan teratur
  3. Hindari makanan tidak sehat dan manis
  4.  Hindari stres dan cukup istirahat
  5.  Konsumsi buah dan sayur

Penyakit Diabetes Melitus sulit di sembuhkan tapi bagaimana pasien bisa terkontrol kadar gulanya, karena itu pencegahan penyakit diabetes melitus wajib dilakukan, lakukan dan mulailah melaksanakan pola hidup sehat dan makan seimbang serta rutin olahraga minimal 3 kali dalam seminggu.

Mari hidup sehat jika sudah terkena penyakit diabetes mellitus optimalkan untuk selalu hidup sehat.

Menu Sehat di Promkes

Senam Persadia RSUP Dr Sardjito setiap hari Selasa dan Jumat jam 08.00 – 09.00

Oleh Ediana Kurniawati, SKM

Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit RSUP Dr Sardjito

Author Info

Promkes Sardjito

Unit Promosi Kesehatan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.