Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

APA ITU KARANG GIGI ???

Tim Promosi kesehatan bekerja sama dengan  KSM gigi mulut pada hari Selasa 24 April 2018 menyelenggarakan edukasi kepada pasien dan keluarga serta pengunjung di Poli Saraf dengan tema Karang Gigi. Edukasi dengan narasumber drg. Prabawati berjalan dengan baik dengan respon pengunjung yang positif.

Dikatakan drg. Prabawati bahwa “Karang gigi adalah endapan keras yang terletak pada permukaan gigi berwarna mulai dari kekuning-kuningan, kecoklat-coklatan, sampai kehitan-hitaman dan mempunyai permukaan yang kasar.”

“Efek dari karang gigi adalah yang pertama menjadi sarang bakteri, kemudian menyusup ke dalam gusi sehingga membuat rusak serta mengalami iritasi dan peradangan ; Yang kedua menyebabkan terjadinya radang gusi yaitu kantong nanah yang timbul di antara gusi dan gigi; yang ketiga meningkatkan resiko gigi tanggal dikarenakan tulang gigi dan jaringan sekitarnya mengalami kerusakan karena bakteri yang ada dalam kantong nanah jika terus berlanjut maka gigi akan tanggal.” Lanjut dokter gigi di RSUP dr. Sardjito tersebut.

“Tindakan yang bisa dilakukan agar karang gigi tidak merajalela dalam mulut adalah yang pertama menyikat gigi secara teratur2x sehari  pagi hari sesudah makan dan sebelum tidur dengan sikat gigi yang kecil sehingga bisa menjangkau gigi bagian belakang dengan cara yang benar; kedua menghindari rokok, karena kebiasaan merokok mempermudah pembentukan karang gigi; ketiga mengurangi makanan dan minum yang mengandung gula karena merupakan sumber makanan bagi bakteri untuk berkembang biak; ke empat banyak minum air putih. Air putih berfungsi untuk melarutkan sisa makanan yang menempel di gigi.” Kata drg. Prabawati dengan antusias.

Selanjutnya dr. Probowati menyarankan untuk menghilangkan karang gigi secara menyeluruh dengan berkonsultasi ke dokter gigi dan rutin memeriksakan kondisi gigi dan mulut setiap enam bulan sekali walaupun tanpa adanya keluhan.

Author Info

Promkes Sardjito

Unit Promosi Kesehatan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.