Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Edukasi Kesehatan Bagi Karyawan RSUP Dr. Sardjito “Karyawan Sehat, Rumah Sakit Hebat”

YOGYAKARTA – Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito, Dr. dr. Darwito, SH, Sp.B(K)Onk membuka kegiatan Edukasi Kesehatan Bagi Karyawan RSUP Dr. Sardjito “Karyawan Sehat Rumah Sakit Hebat” di Ruang Utama Gedung Diklat, Rabu (29/8). Kegiatan yang diikuti oleh 100 karyawan dari seluruh satuan kerja yang ada di lingkungan rumah sakit ini selain bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang penatalaksanaan penyakit seperti dislipidemia, DM, hipertensi dan anemia, juga untuk menciptakan perubahan perilaku hidup sehat bagi karyawan. Acara dimulai dengan laporan dari ketua panitia, Sdr. Misgijanto, AMK yang dilanjutkan dengan paparan dari dr. Robikhul Iksan, Sp.PD, KEMD tentang penyakit dislipidemia dan penatalaksaannya. Selain dr. Robi, ada pula dr. Mardiyah Suci, Sp.PD, KHOM yang memaparkan tentang penyakit anemia dan juga dr. Alfan Nur Asyhar yang memaparkan terkait latihan kebugaran tubuh dalam pengendalian penyakit metabolic.

Kesehatan bagi karyawan rumah sakit merupakan bagian integral dari sistem manajeman rumah sakit. Unsur pekerja merupakan faktor penting yang menunjang keberhasilan rumah sakit dalam memberikan pelayanan. Salah satu upaya untuk memantau kesehatan karyawan adalah dengan berkoordinasi dengan Unit Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Rumah Sakit. K3 merupakan unit yang bertugas memantau kondisi kesehatan dan keselamatan kerja seluruh karyawan rumah sakit dengan tujuan karyawan mampu melaksanakan pekerjaannya tanpa membahayakan diri sendiri, teman sekerja terutama tidak membahayakan keselamatan pasiennya.

Tingginya angka kesakitan karyawan akan menurunkan tingkat produktifitas sebuah layanan di rumah sakit yang pada akhirnya akan menurunkan citra rumah sakit. Pengetahuan tentang pentingnya pencegahan terhadap beberapa penyakit degeneratif seperti dislipidemia, hipertensi, anemia dan DM perlu diketahui oleh seluruh civitas hospitalia. Dengan adanya kegiatan edukasi kesehatan semacam ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran karyawan untuk melakukan general check up secara rutin dan menerapkan perilaku hidup sehat dalam kesehariannya.

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.