Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Peran RSUP Dr.Sardjito Dalam Upaya Pencegahan Penyakit Demensia (Alzheimer Desease)

Yogyakarta – Sesuai Tagline Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito, yaitu Mitra Terpercaya Menuju Sehat, RSUP Dr. Sardjito akan terus berusaha untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan sebagai komitmen rumah sakit mewujudkan Indonesia Sehat. Salah satu langkah yang dilakukan dengan menyelenggarakan “Seminar Awam, Menyikapi Pikun dengan Santun: Mengenal Lebih Dekat Demensia Alzheimer’s” yang bekerjasama dengan Alzheimer Indonesia (ALZI) Korwil DIY. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penyakit Alzheimer dan cara pencegahannya. Berlangsung di Ruang Utama Gedung Diklat RSUP Dr. Sardjito pada Sabtu, 22 September 2018, seminar ini diikuti sebanyak 320 masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya.

Kepala Bidang Pelayanan Medik, dr. Windarwati, Sp.,PK(K) mengatakan peta pertumbuhan angka harapan hidup di Indonesia meningkat. Di Yogyakarta sendiri, proporsi lansia tertinggi, yaitu mencapai 14%. Padahal lansia adalah aset bangsa dan jangan sampai menjadi pasien Alzheimer.

Peran RSUP Dr. Sardjito terhadap Penyakit Demensia (Alzheimer Desease), yaitu melalui Klinik Memori dengan tanaga kesehatan dan konsultan yang ahli dibidangnya. Sejak tahun 2015 hingga 2017, klinik ini sudah merawat sekitar 136 penderita Demensia. Selain mengatasi masalah kepikunan, Klinik Memori RSUP Dr. Sardjito juga mengatasi masalah bahasa, atensi, gangguan perkiraan jarak antar bangunan, gangguan eksekutif atau kesulitan mengatur keuangan dan keluhan susah tidur.

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.