Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

RSUP Dr. Sardjito Raih Penghargaan BAPETEN Safety and Security Award (BSSA) 2018 dalam Bidang Radiologi Diagnostik

Sardjito News – Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito, Dr. dr. Darwito, SH., Sp.B(K)Onk menerima penghargaan kategori Radiologi Diagnostik dalam acara Penganugerahan BAPETEN Safety and Security Award (BSSA) 2018 di Hotel Novotel Semarang, Rabu (10/10). Penghargaan yang diberikan secara langsung oleh Kepala BAPETEN, Prof. Dr. Jazi Eko Istiyanto, M.Sc. ini merupakan penghargaan atas capaian yang didapat  RSUP Dr. Sardjito sebagai salah satu instansi kesehatan yang telah melaksanakan komitmen dalam membina penggunaan nuklir atau radiasi pengion untuk mencapai kinerja keselamatan dan keamanan radiasi yang sangat baik.

Penganugerahan ini merupakan reward bagi instansi yang patuh dan mengikuti ketentuan perundangan ketenaganukliran baik yang bergerak di bidang kesehatan maupun industri serta beberapa pimpinan kepala daerah. Ada 311 instansi yang menerima penganugerahan BSSA di 2018 ini yaitu terdiri dari 147 instansi medik serta 164 instansi penelitian dan industri. BSSA yang diberikan kepada kepala daerah didasarkan pada pertimbangan bahwa daerah tersebut memiliki populasi instansi penerima BSSA dalam jumlah yang signifikan, sehingga dapat diasumsikan bahwa pemerintah daerah tersebut telah mendukung sepenuhnya terhadap pencapaian BSSA yang diterima oleh instansi di daerahnya. Sedangkan Penghargaan BSSA yang diberikan kepada instansi didasarkan pada hasil inspeksi, evaluasi terhadap dosis radiasi bagi pekerja radiasi, proses perizinan, dan status kejadian kedaruratan nuklir di instansi tersebut.

Ada beberapa tanda dimana rumah sakit atau instansi kesehatan telah menjalankan prosedur penggunaan nuklir secara tepat yaitu berupa sticker warna diantaranya hijau, kuning dan merah. Sticker hijau menandakan instansi tersebut sudah sangat baik dalam mengelola penggunaan nuklir untuk kesehatan, kuning menandakan tidak terlalu baik dan merah menandakan bahwa instansi tersebut buruk dan tidak dianjurkan untuk berobat.  Sedangkan RSUP Dr.Sardjito sendiri telah mendapat sticker hijau yang berarti penggunaan nuklir untuk dalam bidang kesehatan sudah sesuai dengan aturan yang ada.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.