Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id

RANGKAIAN HARI ALZHEIMER SEDUNIA, AMBIL AKSI CEGAH DEMENSIA

YOGYAKARTA, (20/09/2024), Demensia Alzheimer merupakan salah satu masalah kesehatan global yang semakin mendesak, terutama di negara-negara dengan populasi lansia yang meningkat, termasuk Indonesia.Dalam rangka memperingati hari Alzheimer sedunia, RS Sardjito mengadakan rangkaian kegiatan berupa kegiatan awam dalam bentuk edukasi pada kelompok lansia, senam otak, kegiatan ilmiah dalam bentuk workshop demensia dan pembuatan konten edukasi.

Kegiatan senam otak yang dilaksanakan di Halaman Instalasi Rawat Jalan RS Sardjito ditujukan bagi masyarakat sebagai salah satu upaya pencegahan demensia. Senam otak ini meliputi gerakan-gerakan fisik secara bersilangan antara anggota gerak satu dengan anggota gerak lainnya yang dilakukan dengan tempo lambat sehingga dapat mengoptimalkan aliran darah dan meningkatkan performa kognitif. Senam otak ini cocok diaplikasikan ke lansia pada khususnya dan dewasa muda pada umumnya.

Masih dalam rangkaian hari Alzheimer sedunia, RS Sardjito juga melaksanakan kegiatan ilmiah dalam bentuk workshop demensia dengan narasumber yang terdiri dari dokter-dokter dari KSM Saraf RS Sardjito. Workshop Demensia yang dilaksanakan di Ruang Bhisma, Gedung Diklat dibuka oleh Direktur Utama RS Sardjito, dr. Eniarti, M.Sc, Sp.KJ, MMR, QHIA. Diharapkan peserta workshop dapat mengidentifikasi gejala awal demensia, memahami alat skrining yang relevan, serta mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam praktik sehari-hari untuk memperbaiki hasil kesehatan pasien dan meningkatkan kesadaran komunitas mengenai demensia Alzheimer.

“World Alzheimer Day, Ambil Aksi Cegah Demensia”

 

 

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.