Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Site Visit Assessment for Gene Therapy Clinical Trial Rumah Sakit Sardjito dan Sarepta Theurapeutics

YOGYAKARTA, (08/05/2024), Pengembangan terapi gen untuk penyakit genetik langka seperti Duchenne Muscular Dystrophy (DMD) dan Limb-Girdle Muscular Dystrophy (LGMD) telah menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan perawatan medis yang tersedia bagi pasien dengan kondisi ini. RS Sardjito telah menjadi bagian dari Biomedical and Genome Science Initiative (BGSi) Rare Genetic Diseases Hub di bawah Kementerian Kesehatan, yang bertujuan untuk mendorong kolaborasi dan inovasi dalam bidang penyakit genetik langka.

Saat ini, RS Sardjito telah menjalin kolaborasi dengan Sarepta Theurapeutics yang bertujuan untuk mengembangkan clinical trial untuk terapi gen yang ditujukan untuk DMD dan LGMD. Kedua jenis penyakit ini memiliki dampak yang signifikan pada kualitas hidup pasien dan keluarga mereka, karena mereka memengaruhi fungsi otot dan mobilitas secara progresif.

Untuk memastikan bahwa RS Sardjito memiliki kemampuan teknis, operasional, dan administratif yang diperlukan untuk menjadi lokasi pelaksanaan clinical trial yang efektif dan berkualitas tinggi, Kementerian Kesehatan bersama Sarepta Theurapeutics melakukan Site Visit Assessment for Gene Therapy Clinical Trial Rumah Sakit Sardjito.

Direktur Utama RS Sardjito, dr. Eniarti, M.Sc, Sp.KJ, MMR, menyampaikan dimana Penyakit langka, seperti DMD dan LGMD, menghadirkan tantangan besar bagi individu dan keluarga, yang menggarisbawahi kebutuhan penting akan penelitian yang ditargetkan dan intervensi terapeutik. Kegiatan Site Visit ini sebagai tonggak penting dalam misi bersama untuk mengatasi tantangan ini melalui inovasi biomedis dan wawasan genomic dalam pengembangan terapi berbasis riset.

RS Sardjito sebagai rumah sakit pendidikan, berkomitmen melalui CRU RS Sardjito untuk mengembangkan penelitian dan uji klinis. “Kami berharap kolaborasi uji klinis terapi gen ini akan membuka peluang lain bagi pasien kami untuk mengakses metode terapi terbaru melalui penelitian”, tutur dr. Eni menutup sambutannya.

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.