Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Emergency (0274) 583613    1500 705 (Contact Center)   

Poliklinik Onkologi Dewasa merupakan poliklinik yang menangani penyakit keganasan dari berbagai disiplin ilmu meliputi Poliklinik Hemato Onkologi, Poliklinik Bedah Onkologi, Poliklinik Gynekologi-Onkologi, Poliklinik Radioterapi, Poliklinik Pain Management, Poliklinik Bedah Digestif, Poliklinik Bedah Orthopedi, Poliklinik Pulmonologi, Poliklinik Geriatri, Poliklinik Urologi, Poliklinik Kulit dan Kelamin, Poliklinik Orthopedi, Poliklinik Saraf, Poliklinik THT-KL, dan Poliklinik Kedokteran Nuklir.

Penyakit keganasan pada anak akan ditangani di Poliklinik Onkologi Anak yang terdiri dari 2 poliklinik yaitu Poliklinik Hemato Onkologi Anak dan Poliklinik Bedah Anak.

Pemberian kemoterapi dapat dilakukan dalam setting rawat jalan pada layanan One Day Care (ODC) Kemoterapi.  ODC Kemoterapi terdiri dari ODC Kemoterapi Anak dan ODC Kemoterapi Dewasa.

Pada kasus keganasan atau kelainan darah yang membutuhkan transfusi, layanan tranfusi darah dapat diberikan di Pelayanan One Day Care (ODC) Transfusi Darah yang terdiri dari ODC Transfusi Darah Dewasa dan ODC Transfusi Darah Anak.

Pusat layanan Onkologi Radiasi dan Kedokteran Nuklir Teranostik Molekuler terletak digedung Bima. Sebelumnya Onkologi Radiasi dikenal sebagai Radioterapi, yang berdasarkan himbauan dari ketua Perhimpunan Onkologi Radiasi Indonesia agar merubah penamaannya menjadi Onkologi Radiasi sesuai yg berlaku di kalangan Internasional. Layanan Onkologi Radiasi pada Gedung Bima berhubungan dengan 2 alat baru yg dimiliki oleh RSUP Dr. Sardjito yaitu LINAC VERSA HD dan 4DCT Simulator AQUILON PRIME. Linac Versa HD merupakan Alat Radioterapi paling canggih di Indonesia yang dapat melakukan teknik Stereotactic, baik stereotactic radiosurgery maupun stereotactic body radiation therapy. Stereotactic Radio Surgery (SRS) biasa kita dengar dari alat yg bernama Gamma Knife, saat ini bisa kita kerjakan di RSUP Dr. Sardjito. Selain itu Versa HD dapat melakukan semua teknik Stereotactic seperti SBRT, FSRT, dan semua teknik yg Linac lainnya dapat lakukan seperti teknik VMAT, IMRT, 3DCRT, ataupun 2D. Alat ini menjadikan RSUP. Dr. Sardjito menjadi rujukan utama utk teknik Stereotactic dan teknik canggih lainnya di DIY, Jateng, Jatim, Kalimantan dan Indonesia bagian tengah dan timur

Teknik tinggi ini membutuhkan alat 4DCT Simulator yg juga canggih yang dapat menangkap pergerakan organ pada pasien selama proses radiasi sehingga perencanaan radiasi yg dilakukan dapat memberi dosis yg sangat tinggi pada tumor dan memberikan dosis yg sangat rendah pada jaringan sehat disekitarnya. Untuk tujuan ini RSUP Dr. Sardjito memiliki Aquilon Prime 160 slice 4DCT dgn 4D Gating. Kedua alat ini memaksimalkan pelayanan Onkologi Radiasi (Radioterapi) utk semua pasien kanker dan tumor jinak yang membutuhkan yang sebelumnya tidak dapat diradiasi dengan teknik sederhana.

Di Gedung Bima, selain pelayanan Onkologi Radiasi, juga terdapat pelayanan Kedokteran Nuklir Teranostik Molekuler. Saat ini terdapat pelayanan Ablasi pada Ca Thyroid menggunakan Iodium 131, dan pada tahun 2021 ini segera akan beropersional Gamma Camera/ Spect CT yang akan melengkapi diagnostik non- onkologi dan onkologi. Selain itu akan di ditambah Ruang Rawat Isolasi Radioaktif ( RIRA) untuk penambahan terapi paliatif nyeri kanker pada tulang dengan 153 Samarium EDTMP yang keseluruhan tatalaksana kanker menjadi komprehensif di RSUP Dr. Sardjito sehingga menjadikan RSUP Dr. Sardjito salah satu pusat rujukan utama yg terlengkap untuk kanker di Indonesia.

 

Poliklinik Kanker Terpadu Tulip dilengkapi dengan layanan laboratorium baik Laboratorium Patologi Klinis maupun Laboratorium Patologi Anatomi. Dalam menyelenggarakan layanan kanker secara komprehensif, Poliklinik Kanker Terpadu Tulip dilengkapi dengan Layanan Farmasi Sitostatika, Konsultasi Gizi, Konsultasi Psikolog, serta Multidiscipline Team (MDT). Poliklinik Kanker Terpadu Tulip juga menyelenggarakan Cancer Registry dan Cancer Research sebagai bagian pengembangan penelitian dalam bidang kanker.

INFO DOKTER DI RSUP DR SARDJITO

  1. Anestesi &Reanimasi
  2. Bedah
  3. Kebidanan dan Kandungan
  4. Konsultan Anak
  5. Penyakit Dalam
  6. Kulit kelamin
  7. THT
  8. Paru
  9. Radiologi Intervensi
  10. Radioterapi dan Kedokteran Nuklir
  11. Rehabilitasi Medik
  12. Saraf
  13. Urologi

Poli kanker Terpadu RSUP Dr Sardjito Yogyakarta

Contact  Us  Hallo Sardjito 1500 705

 

Pengaduan anda, akan diajukan kemana?

KemenkesKemenpan