Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Pada tahap persiapan pre transplantasi ginjal, donor dan resipien akan menjalani serangkaian pemeriksaan yang diperlukan. Rumah sakit telah menyediakan poliklinik khusus transplantasi ginjal untuk dapat mempermudah dan mengakomodir kebutuhan persiapan dan alur pelayanan yang lebih cepat.

Pemeriksanan MSCT Angiography adalah prosedur yang dilakukan untuk mengetahui kondisi pembuluh darah donor dan resipien. Hasil yang didapatkan dari pemeriksaan ini  akan menjadi bahan pertimbangan tim medis dalam menentukan tindakan transplantasi ginjal.

Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengenali jenis tipe jaringan dari donor dan resipien, tingkat kesamaan (matching), adanya antibodi resipien terhadap ginjal donor, dan dapat memprediksi reaksi penolakan yang muncul setelah organ di donasikan. Pemeriksaan ini dilakukan untuk menunjang keberhasilan proses transplantasi dan mengurangi resiko komplikasi setelah transplantasi khususnya pada kejadian graft versus-host disease (GvHD).

Pada kondisi tertentu, dimana dari hasil pemeriksaan anti HLA antibody didapatkan antibodi yang spesifik terhadap donor, maka tim medis akan menjalankan protokol persiapan khusus, salah satunya adalah tindakan plasmapheresis/total plasma exchange, yang bertujuan untuk membuang/mengurangi kadar antibodi yang ada di dalam plasma resipien, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya reaksi penolakan organ pada resipien.

Tindakan operasi pengambilan ginjal donor dengan metode laparoskopik sudah dilakukan di RSUP Dr Sardjito. Dengan menggunakan metode ini, memungkinkan luka insisi operasi yang tidak terlalu panjang dan mempercepat proses pemulihan pasien.

Layanan transplantasi ginjal di RSUP Dr. Sardjito telah  dilakukan  sejak tahun 1991 sampai Bulan Oktober 2022   RSUP Dr. Sardjito telah melakukan layanan transplantasi ginjal sebanyak   100  kasus dengan tingkat keberhasilan sekitar 93-96% tiap tahunnnya.  Pasien yang ditangani di RSUP Dr. Sardjito tidak hanya berasal dari wilayah di sekitar Yogyakarta, namun melayani rujukan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Transplantasi ginjal di RSUP Dr. Sardjito juga didukung dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan berstandar internasional, seperti pemeriksaan laboratorium darah, skrining imunologiradiologi/imaging, layanan plasmafaresis untuk mengantisipasi kondisi calon resipien dengan risiko tinggi terjadinya reaksi penolakan. Layanan yang komprehensif dan terpadu diharapkan dapat memberikan hasil yang optimal  untuk pasien.

Sub Spesialis Anestesi

  1. Calcarina Fitriani Retno, Sp.An-KIC
  2. Juni Kurniawaty, Sp.An-KAKV
  3. Erlangga Prasamya, Sp.An.
  4. Meta Restu Synthana, Sp.An.

Sub Spesialis Urologi

  1. Trisula Utomo, Sp.U(K)
  2. Tanaya Ghinorawa, Sp.U(K)
  3. Ahmad Zulfan Hendri, Sp.U(K)
  4. Indrawarman, Sp.U(K)
  5. Sakti Ronggowardhana Brodjonegor, Sp.UK)

Sub Spesialis Ginjal Hipertensi

  1. Iri Kuswadi, Sp.PD, KGH
  2. Heru Prasanto, Sp.PD,KGH
  3. Metalia Puspitasari, MSc, Sp.PD,KGH
  4. Yulia Wardhani, Sp.PD

TIM RADIOLOGI

RADIOLOGI

  1. Bagaswoto Pudjomartono, M.Kes, Sp.Rad(K)
  2. Sudarmanta, Sp.Rad(K)
  3. Afif Rahman, Sp.Rad.

TIM PATOLOGI ANATOMI

  1. Hanggoro Tri Rinonce, Sp.PA, Ph.D

TIM PATOLOGI KLINIK

PATOLOGI KLINIK

  1. dr. Teguh Triyono, M.Kes., Sp.KK-K
  2. Ira Puspitawati, M.Kes, Sp.PK(K)

TIM PENYAKIT DALAM

DOKTER PENYAKIT DALAM

  1. Doni Priambodo, Sp.PD, KPTI
  2. Suamrdi, Sp.PD, KP
  3. R. Bowo Pramono, Sp.PD, KEMD
  4. Putut Bayupurnama, Sp.PD, KGEH
  5. Hasanah Mumpuni, Sp.PD., Sp.JP(K)
  6. Deshinta Putri Mulya, Sp.PD., KAI.

Poli Renal Terpadu RSUP Dr Sardjito Yogyakarta

Contact :  Hallo Sardjito 1500 705

 

Appointment :

Jadwal Dokter