







Pengantar
Medical check up adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Melalui pemeriksaan ini diharapkan suatu penyakit atau gangguan kesehatan bisa dideteksi sejak dini. Tes ini sekaligus berguna untuk merencanakan metode penanganan dan pengobatan yang tepat sebelum penyakit berkembang.
Saat medical check up, pasien akan menjalani sejumlah tahapan pemeriksaan menyeluruh, berupa konsultasi mengenai keluhan yang sedang dirasakan, pencatatan dan pemeriksaan berkaitan dengan riwayat kesehatan, pemeriksaantanda vital tubuh dan kondisi fisik secara umum.Walau tidak diwajibkan, medical check up telah menjadi pemeriksaan kesehatan rutin. Pasien dapat berkonsultasi kepada dokter kapan saja dan tidak perlu menunggu sampai timbulnya penyakit atau menurunnya kondisi kesehatan. Medical check up secara rutin dapat meningkatkan peluang untuk tetap sehat dan memiliki usia yang lebih panjang.
Berikut ini adalah tujuan medical check up secara rutin ke dokter:
- Mengetahui kondisi kesehatan terkini guna mempersiapkan bentuk penanganan secara dini jika ditemukan adanya penyakit atau gangguan kesehatan.
- Mengetahui risiko-risiko penyakit yang mungkin bisa muncul di kemudian hari.
- Mendorong pasien untuk beralih ke gaya hidup sehat.
RSUP Dr. Sardjito memberikan layanan kesehatan yang lebih menekankan pada upaya promotif dan preventif melalui layanan Medical Check Up hadir sebagai solusi bagi para pelanggan yang peduli akan kesehatan dirinya.
Profil
Visi :
Menjadi Klinik Medical Check Up yang berbudaya, unggul dalam pelayanan dan pendidikan.
Misi :
- Memberikan pelayanan kesehatan yang prima, berfokus pada pasien dengan cakupan pangsa pasar global.
- Menyelenggarakan pendidikan bermartabat yang bersinergi dengan pelayanan dan pengabdian masyarakat.
- Mengembangkan inovasi dan penelitian dalam berbagai bidang untuk mencapai pelayanan yang bermutu sejalan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Meningkatkan sumber daya manusia yang berkarakter, berbudaya, berbudi pekerti luhur dan profesional untuk mewujudkan pelayanan yang unggul.
Kinerja Pelayanan
- Volume Layanan Tahun 2019 dan 2020


Sumber: data register MCU 2019-2020
Tahun 2019 jumlah pasien yang melakukan Medical check up menunjukkan trend yang meningkat, rata-rata kunjungan per bulan adalah 421 pasien per bulan. Pada tahun 2020 jumlah kunjungan 484, meningkat 14 % dari tahun 2019. Meskipun secara trend menurun dari bulan ke bulan. Hal ini disebabkan, pada semester 1 tahun 2020 terjadi pandemic Covid-19 sehingga secara tidak langsung sangat mempengaruhi jumlah kunjungan
2. Indikator kepuasan Layanan MCU


Sumber: data survei Kepuasan pasien semester 1 tahun 2020
Tingkat kepuasan pasien yang melakukan medical check Up di RSUP Dr Sardjito semester 1 tahun 2020 terdapat 56% menyatakan sangat puas dan 38,8% menyatakan puas. Namun 5% pasien yang kurang puas. Hal ini harus menjadi perhatian bagi manajemen MCU.
3. Indikator Kinerja Layanan Privilege tahun 2020
Sumber: data indikator kinerjalayanan Privilege sem 1 tahun 2020
Indikator Kinerja Jumlah pasien privilege non institusi, jumlah kunjungan kemitraan dan jumlah pelanggan institusi pada bulan Januari sampai dengan Maret sesuai dengan target yang ditetapkan, namun pada bukan April sampai dengan Juni jumlah kunjungan 0 karena penerapan PSBB pada Pandemi Covid-19.
Penelitian dan Publikasi
Jejaring RS Mitra
Bank pemerintah dan swasta, Universitas, perkantoran, perusahaan, institusi pemerintah dan swasta.
Agenda Kegiatan Ilmiah Mendatang
Aksesibilitas
1. Informasi Layanan Pasien
(0274) 587333 ext 1616
WhatsApp : 081215229159
E-Mail : mcu.sardjito@gmail.com
2. Informasi Administrasi Perkantoran
0274 (587333) 1671
0274 (587333) 1856
Telp Privilege
0812-1522-9159
0815-6810-617
Cara Merujuk
1.Institusi
Dengan perjanjian ke konter administrasi MCU oleh institusi kemudian di layanan paket, kemudian pembayaran dengan tunai ataupun non tunai
2. Perseorangan
Dengan perjanjian ke konter administrasi MCU oleh institusi kemudian di layanan paket, kemudian pembayaran dengan tunai maupun non tunai
3. Pasien Privilige perjanjiandengan narahubung kemudian dikelola oleh tim privilege