Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Senam Sehat Diabetes Meriahkan HKN 52 di Sardjito

Yogyakarta – Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Dr Sardjito, dr. Rukmono Siswishanto, Sp.OG(K), M.Kes membuka acara “Senam Sehat Diabetes”  dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) dan World Diabetes Day, Minggu (13/11) di halaman Gedung Instalasi Rawat Jalan RSUP Dr Sardjito. Kegiatan yang merupakan kerjasama antara RSUP Dr Sardjito, Pusat Diabetes Yogyakarta, Center of Indonesian Medical Students (CIMSA) Yogyakarta ini berfokus pada upaya promosi kesehatan melalui kegiatan skrining sebagai deteksi dini penyakit Diabetes Melitus (DM) Tipe 2 serta perawatan untuk mencegah komplikasi pada penyandang DM. Dalam sambutannya, Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Dr Sardjito turut menghimbau seluruh peserta untuk membiasakan hidup sehat, salah satunya dengan berolahraga.

“Mari kita wujudkan Indonesia Kuat dengan berperilaku sehat. Kita dapat memulai perilaku hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat, stop merokok, hindari alkohol, olahraga rutin, semuanya dapat meningkatkan kondisi kesehatan tubuh kita.”

 Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap tanggal 12 November, pada tahun 2016 mencapai usia ke-52 dengan tema “Indonesia Cinta Sehat” dan sub tema “Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat” dimana dalam membentuk masyakarat yang sehat, edukasi kepada masyarakat memiliki peranan penting dalam membiasakan berperilaku sehat serta memberikan tanggung jawab diri sendiri, keluarga dan lingkungannya untuk hidup sehat melalui upaya preventif dan promotif. Dua hari berselang, pada tanggal 14 November 2016 kita peringati sebagai Hari Diabetes Sedunia atau World Diabetes Day. RSUP Dr Sardjito mengajak masyarakat yang berada di lingkungan rumah sakit untuk lebih waspada terhadap penyakit diabetes, salah satunya dengan melakukan skrining deteksi dini terhadap penyakit diabetes. Serangkaian kegiatan yang diselenggarakan di halaman Gedung Instalasi Rawat Jalan RSUP Dr Sardjito antara lain senam sehat, pemeriksaan gula darah sewaktu dan konsultasi kesehatan sebagai upaya skrining penyakit DM tipe 2. Selain itu, cooking demo dan talkshow seputar “Deteksi Dini Komplikasi Kronis Pada Diabetes” juga turut memeriahkan acara pada Minggu (13/11) silam.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat yang berada di lingkungan rumah sakit untuk lebih mengenali penyebab maupun gejala penyakit sehingga masyarakat menyadari akan pentingnya skrining sebagai upaya deteksi dini terhadap berbagai penyakit kronis. Kebiasaan untuk berperilaku hidup sehat merupakan hal yang perlu ditanamkan sejak dini untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit yang membahayakan kesehatan.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.