Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

EDUKASI DALAM GEDUNG SEBAGAI BENTUK PENINGKATAN KESEHATAN DAN PENCEGAHAN PENYAKIT DI RSUP DR. SARDJITO YOGYAKARTA

Upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat pada mulanya hanya berupa penyembuhan penyakit, kemudian secara berangsur-ansur berkembang kearah upaya kesehatan untuk seluruh masyarakat dengan mengikutsertakan masyarakat secara luas. Peraturan Menteri Kesehatan nomor 74 tahun 2015 tentang upaya peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit menyatakan bahwa setiap tenaga kesehatan dan fasilitas pelayan kesehatan wajib berperan serta aktif dalam menyelenggarakan upaya peningkatan dan kesehatan dan pencegahan penyakit. Salah satu sasaran upaya peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit adalah masyarakat sehat dan yang beresiko di rumah sakit yang terdiri dari karyawan, pasien, keluarga dan pengunjung rumah sakit.

Mengacu hal tersebut, peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit melalui promosi kesehatan harus dilaksanakan dalam bentuk edukasi kepada pasien, keluarga, pengunjung dan karyawan. Hal tersebut dilakukan oleh Tim Promosi Kesehatan RSUP Dr. Sardjito sebagai kegiatan rutin. Seperti kegiatan Edukasi yang dilakukan kerja sama Tim Promkes RSUP dr. Sardjito dengan KSM Bedah Mulut dengan pada tanggal 3 April 2018 bertempat di poli syaraf dengan narasumber Ibu Sri Suryani,SST dengan tema Impaksi; Edukasi oleh KSM Bedah dengan tema Cleft lip and palate bertempat dipoli Bedah pada tanggal 5 April 2018; Edukasi oleh KSM THT-KL dengan tema Otitis Eksterna Difusa bertempat dipoli THT pada tanggal 16 April 2018; Edukasi oleh Tim dari Materna dengan tema Inisiasi Menyusu Dini bertempat di ruang tunggu IMP pada tanggal 17 April 2018. Edukasi selalu diikuti dengan serius oleh pengunjung, hal tersebut terbukti dengan adanya respon yang baik dari audiens.

Edukasi kepada karyawan, pasien, keluarga dan pengunjung rumah sakit sangat diperlukan untuk memberikan informasi, pengetahuan untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan perilaku kesehatan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal

Edukasi Gigi Impaksi tgl 3 April 2018

sesi tanya jawab edukasi gigi impaksi tgl 3 April 2018

Edukasi Cleft Lip and Palate di Poli Bedah tgl 5 April 2018

Edukasi cleft lip and palate di poli bedah tgl 5 April 2018

Edukasi cleft and palate di poli bedah tgl 5 April 2018

Edukasi IMD di ruang tunggu IMP tgl 17 April 2018

sesi tanya jawab edukasi IMD tgl 17 April 2018

Edukasi otitis eksterna difusa di poli THT tanggal 16 April 2018

sesi tanya jawab edukasi otitis eksterna difusa tanggal 16 April 2018 di poli THT

Author Info

Promkes Sardjito

Unit Promosi Kesehatan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.