Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

EDUKASI KESEHATAN BERSAMA MAHASISWA PROGRAM STUDI D III GIZI POLTEKES BANJARMASIN

Upaya Promosi kesehatan RSUP Dr RSUP Dr Sardjito sebagai Unit yang bertanggung menyediakan edukasi untuk menunjang partisipasi pasien dan keluarga, Edukasi terhadap pasien dan keluarga dengan tujuan pasien dan keluarga berpartisipasi  dalam proses dan pengambilan keputusan dalam asuhan. Upaya ini dilakukan  baik di dalam dan diluar gedung Rumah Sakit RSUP Dr. Sardjito.Salah satu kegiatan edukasi di dalam gedung bekerja sama dengan Satuan kerja / KSM di lingkungan rumah sakit. Seperti yang dilakukan pada Bulan April 2018  yakni dengan Instalasi Gizi dengan melibatkan praktikan mahasiswa Program Studi D III Gizi Poltekes Banjarmasin. Kegiatan ini dilakukan selama 3 kali di Poliklinik Anak 11 April 2018, Poliklinik Penyakit Dalam tanggal 13 April 2018 dan tgl 18 April 2018 dengan topik penyuluhan yang berbeda, yaitu :

  1. Manfaat dan Efek samping Monosodium Glutamat (MSG)

MSG adalah zat penambah rasa pada makanan yang dibuat dari hasil fermentasi zat tepung dan tetes gula beet atau gula tebu. Aturan mengkonsumsi MSG yang aman menurut WHO adalah 0,12 g/Kg BB/hari pada orang dewasa sedangkan untuk anak tidak lebih dari 2 gram sehari dan dilarang untuk bayi di bawah usia 12 minggu. Akibat konsumsi berlebih MSG yaitu efek jangka pendek antara lain rasa mual, haus, nyeri dada, sesak nafas, sakit kepala, rasa terbakar pada leher dan dada, kelemahan, pegal-pegal pada tengkuk. Sedangkan efek jangka panjang antara lain menurunnya fungsi otak, kenker, alergi, hipertensi, obesitas, kerusakan retina, kerusakan hipotalamus dan stuktur otak lain, sakit kepala (migrain), memperberat keadaan autism dan hiperaktifitas.

  1. Indeks Glikemik Pengaruh dan Penyakit Tertentu

Indeks Glikemik adalah besaran yang membantu kita memperkirakan pengaruh fungsional dari makanan karbohidrat yang kita makan berguna untuk menentukan respon glukosa darah terhadap jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi. Indeks glikemik bahan makanan berbeda-beda tergantung pada fisiologi bukan pada kandungan bahan makanan, selain itu cara pengolahan, seperti pemanasan dan penggilingan.

  1. Cara penggolahan, Manfaat, dan penyimpanan Sumber Lemak Bagi Tubuh

Lemak dan minyak merupakan sumber energi yang efektif dibandingkan dengan karbohidrat dan protein yang tidak larut air dan setiap gram lemak menghasilkan 9 kkal. Jenis lemak ada 3 yaitu lemak jenuh, lemak tak jenuh dan lemak trans. Penyimpanan lemak yang baik adalah dalam tempat tertutup terbuat dari aluminium atau stainless steel dan dihindarkan dari logam besi atau tembaga. Adanya antioksidan dalam lemak akan mengurangi kecepatan proses oksidasi.

Dengan memilih bahan makanan yang sehat, mengkomsumsi makanan yang tertakar dengan benar serta melakukan pengolahan serta penyimpanan jenis bahan makanan yang di anjurkan kita akan sehat dan terhindar dari sakit.

Edukasi  ini merupakan upaya yang dilakukan RSUP Dr Sardjito dalam memenuhi hak pasien  sehingga edukasi  sebagai bagian yang penting dalam proses asuhan, dan ini membuktikan bahwa RSUP Dr Sardjito tidak hanya memberikan asuhan pelayanaan tetapi sekaligus memintarkan pasien, keluarga dan pengunjung yang datang di RSUP Dr Sardjito. Salam Sehat

Edukasi “Manfaat dan Efek samping Monosodium Glutamat (MSG) di Poliklinik Anak

Edukasi “2. Indeks Glikemik Pengaruh dan Penyakit Tertentu” di Poli Penyakit Dalam

Edukasi “Cara Penggolahan, Manfaat, dan penyimpanan Sumber Lemak Bagi Tubuh” di Poli Penyakit Dalam

 

Oleh Ediana Kurniawati, SKM

Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit RSUP Dr Sardjito

Author Info

Promkes Sardjito

Unit Promosi Kesehatan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.