Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Bagaimana Persalinan Normal ??

Edukasi yang dilakukan Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta bersama Maternal pada Hari Rabu, 02 Mei 2018 di ruang IMP bertemakan persalinan normal dengan narasumber Tri Lestari Amd. Keb.

Persalinan adalah proses mengeluarkan janin dan ari-ari yang sudah cukup bulan dan mampu hidup diluar kandungan melalui  jalan lahir atau jalan lain dengan bantuan atau tanpa bantuan. Sedangkan pada persalinan normal proses lahirnya bayi pada letak belakang kepala dengan tenaga ibu sendiri tanpa bantuan alat dan tidak melukai ibu dan bayi dan berlangsung kurang dari 24 jam.

Persalinan yang baik dipengaruhi oleh kekuatan ibu untuk mengejan, jalan lahir dan keadaan janin yang normal.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam persalinan yaitu (1) Fisik ibu ; bisa dilakukan dengan senam hamil atau jalan-jalan pagi yang dilakukan secara rutin (2) Psikologis ; mendekatkan diri kepada Tuhan, bersikap tenang dan mengendalikan kecemasan (3) Sosial ; dukungan keluarga  (4) Kultur ; hindari kebiasaan yang tidak baik (5) Biaya ; persiapan biaya yang cukup dan jaminan kesehatan (6) Sarana atau prasarana ; kendaraan.

Persalinan yang normal tentu menjadi pertimbangan untuk ibu hamil, karena persalinan dengan cara normal merupakan cara terbaik untuk melahirkan bayi dan mempunyai efek yang sangat sedikit atau bahkan tidak ada. Untuk itu perlu persiapan yang baik sehingga proses persalinan berjalan baik dan lancar. Salam Sehat

Edukasi Dalam Gedung “Persalinan Normal” di IMP Rabu 02 Mei 2018

Sesi Tanya Jawab Edukasi Dalam Gedung “Persalinan Normal” di IMP, Rabu 02 Mei 2018

 

oleh Ediana Kurnawati, SKM

Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit RSUP Dr. Sardjito

Author Info

Promkes Sardjito

Unit Promosi Kesehatan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.