Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Pentingnya Kebersihan Ruang Perawatan Pasien di Rumah Sakit

Infeksi terkait pelayanan kesehatan (Health Care Associated infentions) yang selanjutnya disingkat HAIs adalah infeksi yang terjadi pada pasien selama perawatan di rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya, dimana saat masuk tidak ada infeksi atau tidak masa inkubasi, termasuk infeksi dalam rumah sakit tapi muncul setelah pulang, juga infeksi karena pekerjaan pada petugas rumah sakit dan tenaga kesehatan terkait proses pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan. Pelaksanaan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) di Fasilitas Pelayanan Kesehatan bertujuan untuk melindungi pasien, petugas kesehatan, pengunjung yang menerima pelayanan kesehatan serta masyarakat dalam lingkungannya dengan cara memutus siklus penularan penyakit infeksi melalui kewaspadaan standar dan berdasarkan transmisi.

Kebersihan ruang perawatan pasien merupakan salah satu komponen dalam kewaspadaan standar, mutlak dilakukan untuk mendukung proses penyembuhan pasien selama masa perawatan dan menjalani pengobatan. Sangat penting sebagai seorang perawat untuk membuat ruang perawatan pasien senyaman mungkin dengan mengatur suhu ruangan, mempertahankan ventilasi yang cukup, menghindarkan dari bau yang tidak sedap dan menjaga kebersihan serta menjaga kamar/ruangan tetap rapi dan teratur sehingga membuat pasien akan merasa lebih nyaman dalam perawatan.

Kebersihan adalah salah satu tanda dari keadaan hygiene yang baik yaitu bebas dari kotoran, termasuk diantaranya debu, sampah dan bau. Lingkungan yang nyaman secara tidak langsung akan mempercepat kesembuhan, memudahkan perawat dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatan kepada pasien, mencegah dan meminimalkan terjadinya infeksi silang, menumbuhkan kepercayaan dan kesan baik kepada pasien dan keluarganya maupun masyarakat terhadap rumah sakit.

Cara menjaga ruang perawatan pasien agar bersih dan tertata rapi dengan melakukan pembersihan rutin setiap hari meliputi pembersihan permukaan meja dan tempat tidur pasien atau peralatan lain yaitu dengan lap lembab menggunakan disinfektan tingkat rendah sesuai zone risikonya minimal sehari sekali, membersihkan lantai dengan menggunakan lobby duster kemudian mengepel dengan menggunakan mop minimal sehari 2 kali atau bila nampak kotor. Untuk mempertahankan kebersihan tersebut diperlukan rasa kesadaran yang tinggi dari semua orang yang berada diruang tersebut dengan mengimplementasikan budaya bersih yaitu membuang sampah pada tempatnya, menaruh barang pada tempatnya dan tertata rapi, dalam kondisi siap digunakan, tidak mencampur barang bersih dan kotor, membatasi barang bawaan pasien dan keluarga serta tidak kalah pentingnya pembatasan jumlah pengunjung.

Peran kepala ruang dan perawat pencegah dan pengendali infeksi sangat diperlukan  untuk menciptakan budaya bersih di area supervisinya dengan melakukan monitoring dan evaluasi (monev) dengan prinsip 5 R ( Resik, Rapi, Rawat, Rajin dan Ringkes) yang dilakukan setiap bulan dengan menggunakan daftar tilik sebagai berikut :

 

 

DAFTAR  TILIK

KEBERSIHAN RUANG PERAWATAN

 

RUANG …………………………………….               INSTALASI …………………………………………… TGL/BLN……………………………………

NO INDIKATOR YA TIDAK KETERANGAN
1 Pembersihan permukaan mebeler pasien dengan desinfektan  sesuai standar RS      
2 Pembersihan lantai dengan menggunakan lobby duster      
3 Pengepelan dengan menggunakan mop      
4 Pembersihan lantai sehari minimal 2 kali atau nampak kotor      
5 Pembersihan tempat tidur pasien segera bila pasien pulang      
6 Tempat tidur pasien bersih tidak ada kotoran, tidak ada tempelan stiker      
7 Kasur dan bantal bersih dibungkus vinil tidak robek      
8 Tidak ada sisa makanan/kotoran menempel di lingkungan      
9 Meja pasien bersih tidak berdebu, tidak ada tempelan stiker      
10 Mebeler/kursi/sofa tidak ada yang robek      
11 Barang bawaan pasien/penunggu seperlunya      
12 Sampah dibuang di tempat sampah sesuai jenisnya : infeksius dan non infeksius, dll      
13 Penyimpanan alat kesehatan/keperawatan pada tempat yang bersih, tertutup dan kondisi siap pakai      
14 Penataan ruangan bersih,penempelan gambar/poster pada dinding memperhatikan estetika/keindahan dan mudah dibersihkan      
15 Gorden dibersihkan secara rutin minimal sebulan sekali atau Nampak kotor      

Kebersihan ruang perawatan dan kebersihan alat-alat keperawatan cegah infeksi silang di rumah sakit

Kebersihan ruang perawatan pasien cegah infeksi di rumah sakit

 

 

 

Kontributor : Reni Nursanti S. Kep, NS (Komite PPI) dan UPKRS RSUP Dr Sardjito

Author Info

Promkes Sardjito

Unit Promosi Kesehatan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.