Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Inspeksi Keselamatan Radiasi oleh BAPETEN di RSUP Dr. Sardjito

YOGYAKARTA – Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Dr. Sardjito, dr. Rukmono Siswishanto, M.Kes, Sp.OG(K),  Kepala Instalasi Radiologi, dr. Anita Ekowati, Sp.Rad (K) dan Pj Pelayanan Radioterapi dr. Sri Retna Dwidanarti, Sp.Rad.,Onk beserta Petugas Proteksi Radiasi RSUP Dr. Sardjito menerima Inspeksi Keselamatan Radiasi dari Badan Pengawas Tanaga Nuklir (BAPETEN) pada hari Selasa (28/08) di RSUP Dr. Sardjito. Tujuan kedatangan Tim Inspeksi BAPETEN di RSUP Dr. Sardjito adalah untuk optimasi dosis radiasi yang diterima petugas Radiasi dan lingkungannya.

 

Dalam Kegiatan ini, Tim Inspeksi BAPETEN yang terdiri dari Werdi Putra Daeng Beta, SKM, M.Si, Wita Kustiana, S.Si, dan Sri Riantiningsih, SE dibagi menjadi 2 (dua) kelompok yang menjalankan tugasnya masing-masing. Satu orang dari Tim Inspeksi BAPETEN tersebut bertugas memeriksa dokumentasi dan kelengkapan tentang: perizinan alat-alat radioterapi dan alat-alat ukur dosis radiasi, SOP pekerjaan radioterapi, jaminan mutu alat di pelayanan Radioterapi, terjaminnya kesehatan tenaga radioterapi / radiasi, dan kelengkapan alat ukur dosis bagi pekerja radiasi. Sedangkan dua orang dari Tim Inspeksi BAPETEN bertugas melakukan inspeksi di lapangan / tempat / ruangan radiasi alat: Linac, Simulator, Brachiterapy, dan  CT Simulator.

 

Dari hasil Inspeksi tersebut dinyatakan bahwa semua dokumen perizinan alat radiasi dan yang lain telah memenuhi syarat. Selanjutnya, di akhir acara Tim Inspeksi BAPETEN menyerahkan surat keterangan / label bahwa Pemanfaatan Tenaga Nuklir di RSUP Dr. Sardjito telah memenuhi Persyaratan Keselamatan dan Keamanan Radiasi, sehingga RSUP Dr. Sardjito memenuhi syarat untuk mengikuti BAPETEN Security Safety Award (BSSA) 2018.

 

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.