Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Emergency (0274) 583613    1500 705 (Contact Center)   

Pengabdian Masyarakat Tentang Deteksi Dini Diabetes Melitus Gestasional di Puskesmas I Pengasih Kabupaten Kulonprogo

Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat RSUP Dr. Sardjito mengadakan penyuluhan serta deteksi dini penyakit diabetes melitus gestasional secara gratis di beberapa puskesmas yang tersebar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini melibatkan beberapa satuan kerja yaitu Bidang Pelayanan Medik, Bagian Hukum dan Humas, KSM Patologi Klinik, KSM Mata, Instalasi Laboratorium Klinik serta Unit Promosi Kesehatan.

Puskesmas I Pengasih Kabupaten Kulonprogo menjadi lokasi kedua pelaksanaan kegiatan ini pada Senin, 24 September 2018. Sasaran utama dari program ini adalah ibu hamil dengan usia kandungan 24 sampai dengan 28 minggu. Selain menerima penyuluhan, sekitar 60 ibu hamil yang hadir juga mendapatkan pemeriksaan glukosa, tekanan darah, pengukuran tinggi dan berat badan, serta konsultasi mengenai gizi. Ibu hamil memiliki resiko tinggi terhadap diabetes melitus gestasional, sehingga deteksi dini sangat penting untuk dilakukan.

Hasil laboratorium akan dilaporkan melalui masing – masing puskesmas satu minggu setelah pemeriksaan. Pemeriksaan ini tentu memberikan manfaat bagi para ibu hamil untuk mengetahui sejak dini gejala dari diabetes melitus gestasional serta cara pencegahan atau penanganan yang tepat. Program pengabdian masyarakat ini akan berlangsung hingga bulan Desember 2018 di 10 puskesmas yang berada di 4 Kabupaten dan 1 kotamadya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.