Fax:(0274) 565639    [email protected]
Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333   

RSUP Dr. Sardjito Menjadi Percontohan Rumah Sakit Dalam Pengolahan Limbah Medis

YOGYAKARTA – RSUP Dr. Sardjito dalam hal ini diwakili oleh Direktur Umum dan Operasional, drg. Rini Sunaring Putri M.Kes., menjadi salah satu narasumber dalam pertemuan Koordinasi Pengelolaan Limbah Medis Fasilitas Pelayanan Kesehatan Berbasis Wilayah, Rabu (3/10). Digagas oleh Direktorat Kesehatan Lingkungan Ditjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes dan berlangsung di ruang Sekar Jagad Hotel Santika ini dihadiri 65 peserta dari berbagai instansi. Dengan adanya pertemuan ini diharapkan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan khususnya di DIY mampu mengelola pembuangan limbah medis dengan baik.

Permasalahan pembuangan limbah medis sembarangan seperti yang terjadi di Cirebon menjadi latar belakang diadakannya kegiatan ini. Limbah medis yang merupakan hasil dari aktivitas medis memiliki 2 mata sisi. Apabila pengolahan limbah medis dilakukan dengan prosedur yang salah maka akan menimbulkan banyak permasalahan diantaranya pencemaran lingkungan, penyalahgunaan limbah, dan terjadinya infeksi serta mengancam keselamatan kerja. Sementara itu pengolahan limbah medis yang baik tentu akan mendatangkan berbagai keuntungan, yaitu selain terhindar dari permasalahan lingkungan juga mendatangkan nilai ekonomi.

RSUP Dr. Sardjito sebagai rumah sakit rujukan wilayah Jawa Tengah dan DIY yang melayani ribuan pasien tentu menghasilkan limbah medis dengan jumlah yang sangat besar. Keberadaan tingginya pasien pengidap kanker dibandingkan dengan penyakit lain di RSUP Dr. Sardjito secara tidak langsung berdampak pada timbulnya limbah dengan spesifikasi B3 (Bahan Berbahaya Beracun) yang cukup tinggi. Sejak tahun 2016, RSUP Dr. Sardjito membentuk Bank Sampah untuk mengatasi permasalahan limbah medis. Bank Sampah Melati Husada menjadi tempat terakhir pengumpulan limbah medis dari hasil pemilahan limbah di masing-masing unit kerja. Melalui Bank Sampah ini, RSUP Dr. Sardjito menjadi percontohan rumah sakit dalam pengolahan limbah medis.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.