Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Peran Humas di Era Digital

SARDJITONEWS – Saat ini, kita berada pada era dimana media sosial menjadi media yang dipercaya masyarakat. Dulu, hanya wartawan yang bisa membuat berita, tetapi saat ini siapapun dapat mengunggah suatu berita. Adapun media yang sering digunakan adalah facebook, twitter, instagram, youtube, blog, dan lain sebagainya. Di masa depan, humas akan dihadapkan dengan era dimana Artificial Intelligent (AI) dan era big data. Pada era itu, humas akan bersaing dengan AI dan robot. Dalam persaingan tersebut, insan humas membutuhkan pengetahuan atau keahlian antara lain harus menguasai IT, media dan teknologi.

Kali ini, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta telah memasang kuda-kuda untuk menyambutnya. Sebanyak 30 orang dari 10 satuan kerja di lingkungan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta mengikuti “Pelatihan Jurnalisme Digital” yang diselenggarakan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta tanggal 6-7 Oktober 2018 di Yogyakarta, Kepala Bagian Hukum dan Humas – Banu Hermawan, SH, M.H.Li, menyatakan bahwa salah satu strategi yang dilakukan adalah membentuk jejaring informan yang melibatkan berbagai divisi di lingkungan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

 “Tugas informan mengumpulkan informasi-informasi yang ada pada masing-masing divisi untuk kemudian dikemas sebaik mungkin menjadi suatu informasi yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Dan tentu informasi itu tetap disaring dan disyahkan oleh Bagian Hukum dan Humas”, tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Nurhadi – Jurnalis VOA, menyatakan bahwa informasi yang disajikan jangan hanya yang bersifat seremonial, tetapi harus menampilkan pribadi yang utuh sehingga informasi harus beragam dan berimbang. Nurhadi juga menyampaikan bahwa informasi yang memungkinkan dapat diunggah dalam hal lain seperti keunikan pekerjaan karyawan, keberagaman pasien, kebutuhan air, kebutuhan listrik, jumlah orang meninggal, penyakit yang dominan, asal pasien, profil dokter, seksolog, psikiater, dan lain-lain.

Dalam pelatihan ini, jejaring informan dibentuk untuk memperkuat Tim Sardjito News yang telah terbentuk satu bulan sebelumnya dalam hal pengumpulan informasi-informasi penting sehingga akses masyarakat terhadap RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta semakin luas. Pelatihan tersebut dimantapkan oleh hadirnya sosok Daryono yang sudah tidak asing lagi di mata peserta. Beliau adalah wartawan senior Stasiun TV Indosiar yang saat ini menjabat Kepala Biro Indosiar Stasiun Yogyakarta. Beliau menjadi motor penggerak pelatihan tersebut dan dengan sabar mendampingi peserta selama pelatihan, selain merangkap menjadi nara sumber. (BKT-SardjitoNews)

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.