Fax:(0274) 565639    [email protected]
Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333   

RSUP Dr. Sardjito Fasilitasi Pengembangan Aplikasi SIMRS di RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta

Sardjitonews RSUP Dr. Sardjito menjadi salah satu rumah sakit yang telah berhasil mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dalam berbagai aspek pelayanan. Diantaranya, penerapan Electronic Medical Record (EMR) atau rekam medik elektronik yang dapat meningkatkan mutu pelayanan bagi pasien, serta mempermudah kinerja dokter dan pegawai rumah sakit terkait. Inovasi lain yang telah dikembangkan adalah sistem E-Prescribing atau resep elektronik dengan mekanisme kerja, dokter melakukan input data berdasarkan pemeriksaan, lalu Instalasi Farmasi akan melakukan verifikasi resep serta menyiapkan obat untuk pasien. Hal ini cukup efektif dalam mengurangi antrian pasien di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUP Dr. Sardjito.

Pimpinan RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso, Dr. dr. Pamudji Utomo, Sp.OT(K) menyampaikan, salah satu permasalahan yang menjadi fokus utama saat ini adalah pengembangan SIMRS. Melihat keunggulan RSUP Dr. Sardjito dengan implementasi SIMRS yang baik, RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso mengadakan pertemuan dalam rangka menjalin kerjasama dengan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Pertemuan yang berlangsung pada Jum’at (5/10) di Ruang Rapat Direksi RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta tersebut, membahas teknis pelaksanaan kerjasama dan penandatanganan nota kesepahaman.  Dalam nota kesepahaman yang ditandatangani kedua belah pihak, RSUP Dr. Sardjito akan melakukan pengembangan, pendampingan serta perawatan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Terintegrasi. Tim Instalasi Teknologi dan Informasi RSUP Dr. Sardjito yang dipimpin oleh Syamsul Arifin, S.Hut., akan berperan mendampingi proses pengembangan SIMRS di RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan perjanjian yang disepakati.

Dr. dr. Darwito, Sp.B(K)Onk selaku Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito menyambut baik permohonan kerjasama di bidang IT ini.

“Penandatanganan Nota Kesepahaman semacam ini merupakan kerjasama antara BLU dengan BLU. Saat ini mungkin baru terkait IT saja, namun suatu saat semoga kita bisa mengembangkan hal-hal lain yang ada di rumah sakit demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.”

Keberadaan kerjasama di bidang IT, terutama implementasi SIMRS diharapkan bisa menjadi model bersama bagi rumah sakit lain yang tergabung dalam Asosiasi Rumah Sakit Vertikal Indonesia (ARVI) sehingga dapat berdampak pada peningkatan mutu pelayanan dan efisiensi kinerja di masing – masing rumah sakit.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.