Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

RSUP Dr. Sardjito Berikan Edukasi Kesehatan Lansia di Sasana Wredha Mulya

Sardjito News – Dalam rangka memenuhi peran rumah sakit  untuk meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya kelompok lansia, RSUP Dr Sardjito kembali memberikan pendidikan kesehatan mengenai “Mencegah Kepikunan pada Usia Lanjut” Rabu, (10/10). Pendidikan kesehatan yang diikuti oleh 109 anggota Paguyuban Lansia Wredha Mulya bertempat di Sasana Wredha Mulya, Sendowo Sleman Yogyakarta ini merupakan bentuk Company Social Responsibility (CSR) dalam hal penyediaan narasumber kesehatan RSUP Dr Sardjito yang dilakukan sejak tahun lalu.

Dalam kegiatan ini, Dr. H. Moetrarsi SKF, DTM&H, Sp.KJ menjelaskan mengenai ciri-ciri pikun yaitu mudah lupa, kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari, problema berbicara, disorientasi, penampilan memburuk, kesulitan dalam perhitungan sederhana, lupa meletakkan barang, perubahan perasaan, perubahan kepribadian. Sedangkan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kepikunan diantaranya lansia harus tetap aktif mengatur asupan nutrisi dengan gizi seimbang dan dilengkapi dengan omega 3, berlatih dengan isyarat, tidak menuruti emosi, bermain dan bersantai serta tidur cukup.

Pencegahan kepikunan sangat penting dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit seperti Demensia Alzheimer. Setelah mengikuti pendidikan kesehatan ini anggota paguyuban diharapkan mampu secara mandiri menjaga kesehatan utamanya dalam pencegahan kepikunan. RSUP Dr Sardjito akan terus meningkatkan upaya promotif dan preventif sebagai salah satu komitmen bahwa rumah sakit merupakan institusi pelayanan paripurna yang mencakup upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.