Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Berbagi Pengetahuan Melalui Webinar Pharmacovigilance Bersama RSUP Dr. Sardjito

SARDJITO NEWS – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tenaga kesehatan di rumah sakit dalam monitoring efek samping obat dan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tenaga kesehatan di bidang pharmakoterapi, RSUP Dr. Sardjito mengadakan knowledge sharing melalui webinar yang difasilitasi oleh Tim Webinar RSUP Dr. Sardjito dengan topik Pharmacovigilance pada hari Rabu (17/10) di Gedung Diklat, RSUP Dr. Sardjito. Webinar ini menghadirkan 3 orang pemateri yaitu Prof. Katja Taxis, MPharm, MSc, PhD; dr. Jarir At Thobari, D.Pharm., PhD dan Asri Riswiyanti, MSc, Apt.

Webinar ini diikuti oleh peserta internal RSUP Dr. Sardjito sebanyak 50 undangan dari tenaga kesehatan yang berkaitan dengan perawatan pasien, dokter, farmasi dan perawat di RSUP Dr. Sardjito bertempat di Ruang Kuliah 6 Gedung Diklat. Webinar juga diikuti secara online oleh peserta dari luar RSUP Sardjito, tercatat ada sebanyak 80 peserta dari berbagai rumah sakit di seluruh Indonesia.

Materi pertama disampaikan oleh dr. Jarir At Thobari, D.Pharm., PhD dari Departemen Farmakologi dan Farmakoterapi FKKMK UGM yang memberikan pengantar tentang Pharmacovigilance. Materi kedua disampaikan oleh Asri Riswiyanti, MSc, Apt selaku Kepala Instalasi Farmasi RSUP Dr. Sardjito dengan judul Pelaporan Efek samping Obat di RSUP Dr. Sardjito. Materi terakhir disampaikan oleh Prof Katja Taxis dengan judul Pharmakovigilence in Hospital. Prof. Katja Taxis adalah seorang professor di bidang Farmakoterapi dari University Medical Center Groningen (UMCG) dan Universitas Groningen, Belanda yang banyak melakukan penelitian di bidang Farmakoterapi untuk meningkatkan penggunaan obat yang rasional, mengurangi medication error dan melakukan intervensi untuk meningkatkan keamanan penggunaan obat serta keberhasilan terapi pada pasien di rumah sakit.

Antusiasme peserta terhadap presentasi dari ketiga pemateri sangat tinggi, sehingga pada sesi diskusi banyak pertanyaan yang disampaikan oleh peserta webinar baik secara langsung maupun pertanyaan tertulis melalui fasilitas webinar. Webinar diakhiri tepat pukul 11.00 WIB. (HbM)

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.