Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

RSUP DR. Sardjito Adakan Bincang Kesehatan Reproduksi Bersama Odapus

SARDJITO NEWS RSUP Dr. Sardjito melalui Unit Promosi Kesehatan (Promkes) dan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM adakan Bincang Kesehatan Reporduksi dengan Orang dengan Lupus (Odapus) di Hi Lab Yogyakarta, Minggu, (11/11). Sebanyak 48 peserta bincang sehat yang terdiri dari Odapus dan Pendamping datang dari berbagai wilayah seperti Jogja, Magelang dan Jawa Tengah Bagian Selatan.

Kegiatan Bincang Kesehatan Reproduksi ini merupakan kali ke-4 diadakan oleh RSUP Dr. Sardjito dan merupakan pertemuan terakhir di periode tahun 2018. Pertemuan-pertemuan sebelumnya membahas topik-topik tertentu mengenai pendampingan terhadap Odapus. Lebih rinci topik-topik yang dibahas antara lain:

  1. Bagaimana memelihara kesehatan kulit pada pasien Lupus. Hal ini dilakukan karena banyak pasien mengalami gangguan kesehatan kulit.
  2. Kesehatan Psikologis baik bagi penderita Lupus maupun Pendamping. Pendampingan psikologis ini berupa pemberian motivasi agar pasien Lupus dapat menjalani pengobatan dengan baik. Hal ini dilakukan karena Odapus akan mengonsumsi obat dalam jangka waktu yang panjang sehingga perlu adanya pendampingan.
  3. Kebugaran.
  4. Kesehatan Reproduksi yang meliputi pengetahuan perencanaan pernikahan, mempersiapkan kehamilan, dan kontrasepsi pada penderita Lupus.

Lupus merupakan jenis penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh dimana sistem kekebalan tubuh ini seharusnya bertugas melindungi tubuh dari gangguan benda asing justru menyerang dirinya sendiri karena jumlahnya yang terlalu banyak dan tak terkendali. Organ tubuh yang bisa terkena penyakit ini antara lain ginjal, jantung, paru-paru, otak, darah atau kulit.

Materi disampaikan dengan teknik Focus Group Discussion (FGD) sehingga suasana lebih menyenangkan. Adapun pemateri adalah dokter ahli, yaitu dr. Noor Asyiqa S., Sp.PD. KPSi. dan dr. Diah Rumekti, Sp.OG(K). Dalam FGD tersebut penderita Lupus menerapkan teori Cooping, yaitu bagaimana Odapus dapat memberikan motivasi pada dirinya sendiri. Selain itu mengenai Lupus Dairy, yaitu diari atau catatan-catatan track record tentang pengobatan Odapus yang tersedia di Poliklinik sehingga pasien dapat mengetahui catatan-catatan medis dan memiliki buku tersebut.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.