Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Edukasi Kesehatan Reproduksi di Poli Obsgyn RSUP Dr Sardjito

Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit bekerja sama dengan Poli Obsgyn melakukan edukasi kesehatan kepada pasien, keluarga dan pengunjung di poli obgyn pada hari Rabu (3/1). Edukasi dengan tema “Kesehatan Reproduksi” disampaikan oleh Ibu Rodiah, AMKeb selaku kepala ruang Poli Obsgyn bersama Ibu Sri Rahayu, S.Kep.Ns, Kepala UPKRS RSUP Dr.Sardjito. Acara dimulai dengan paparan mengenai kesehatan reproduksi kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Edukasi yang disampaikan kepada pengunjung RS dengan santai, edukatif dan ringan terbukti cukup efektif menarik minat pengunjung. Pengunjung sangat antusias mendengarkan dan bertanya.

Dalam edukasi kesehatan tersebut, dijelaskan bahwa kesehatan reproduksi adalah keadaan yang menyeluruh meliputi aspek fisik, mental, sosial, bukan sekedar adanya penyakit atau gangguan yang berkaitan dengan sistem reproduksi. Adapun cara menjaga kesehatan organ reproduksi pria dan wanita antara lain memakai celana dalam dari katun, lebih mudah menyerap keringat dan sirkulasi udara area organ reproduksi lancar, rajin mengganti celana dalam kurang lebih 2x sehari, mengeringkan organ reproduksi menggunakan handuk, tidak menggunakan obat pembersih wanita, mencuci tangan sehabis BAB/BAK,membasuh organ reproduksi dengan benar, yaitu dari arah depan ke belakang, tidak menggaruk kemaluan, karena menyebabkan iritasi, rajin mengganti pantyliner agar tidak lembab, menjaga kebersihan organ intim saat menstruasi dan menjaga berat badan ideal, wanita yang memiliki berat badan ideal akan terhindar dari cairan vagina berlebih, sedangkan pria yang bertubuh gemuk akan memiliki sel sperma yang kurang subur.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan pula sistem reproduksi merupakan bagian tubuh yang sangat rentan dan mudah terinfeksi penyakit serta mengalami luka. Karena itulah, setiap orang baik pria maupun wanita memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga kondisi alat reproduksi mereka tetap dalam kondisi yang sehat dan bebas penyakit sehingga mampu melaksanakan berbagai fungsinya. Untuk itu bila menemukan kelainan menyangkut organ reproduksi disarankan segera menghubungi Poli Obsgyn RSUP Dr. Sardjito untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kontributor :

Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (UPKRS)

RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.