Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Gerakan Masyarakat Sehat RSUP Dr. Sardjito Dalam Rangka HUT KE-37 RSUP Dr. Sardjito, Dies Natalis KE-73 FKKMK, HUT KE-7 RSA UGM dan HUT KE-91 RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro

YOGYAKARTA – Dalam rangka menyemarakkan HUT ke 37 RSUP Dr Sardjito, Dies Natalis ke 73 FKKMK, HUT ke 7 RSA UGM,  dan HUT ke 91 RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro pada Minggu (10/2) diadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang diisi dengan Charity Run, Lomba mewarnai anak, Zumba, Line Dance, penampilan dari Idol Junior, Lomba pembuatan film pendek untuk SMA dengan tema “Remaja Peduli Kesehatan” dan talkshow yang dimeriahkan oleh penampilan Duta dan Adam Sheila on 7 yang bertempat di Lapangan Basket FKKMK UGM. Unit Promosi Kesehatan RSUP Dr. Sardjito ikut berpartisipasi dalam acara tersebut dengan menggelar pameran berisi edukasi kesehatan dan pelayanan kesehatan untuk peserta Charity Fun dan pengunjung. Dalam pameran tersebut, RSUP Dr. Sardjito menyediakan pengukuran tekanan darah, pengukuran lemak tubuh, pengukuran gula darah sewaktu dan edukasi kesehatan tentang pentingnya deteksi dini peduli kesehatan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat memahami manfaat cek kesehatan agar terbangun motivasi untuk melakukan cek kesehatan secara berkala dan rutin.

Seperti kita ketahui bersama, pola penyakit di Indonesia mengalami transisi epidemiologi selama dua dekade terakhir, yakni dari penyakit menular yang semula menjadi beban utama kemudian mulai beralih menjadi penyakit tidak menular seperti hipertensi dan diabetes mellitus. Kecenderungan ini meningkat dan mulai mengancam sejak usia muda. Hal ini dipicu oleh faktor lingkungan dan perilaku, terutama perilaku yang paling besar pengaruhnya. Oleh karena itu perlu penguatan peran masyarakat agar lebih bertanggung jawab terhadap derajat kesehatan. Salah satu program Kemenkes untuk mengubah perilaku tidak sehat adalah melalui Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui langkah preventif agar masyarakat sehat dan bugar terhindar dari penyakit tidak menular yaitu CERDIK meliputi Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin olah raga, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stres. Salah satu bagian dari  germas salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan tidak hanya datang ke rumah sakit atau layanan kesehatan ketika sakit saja. Langkah ini dapat memudahkan mendeteksi penyakit atau masalah kesehatan lebih dini. (Nur Utami Hidayati, SKM – UPKRS)

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.