Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Workshop Revisi White Paper / Buku Putih Bagi Perawat di Lingkungan RSUP Dr. Sardjito

YOGYAKARTA – RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta pada Selasa (19/2) menyelenggarakan Workshop Revisi White Paper/ Buku Putih Perawat. Acara ini dihadiri oleh 70 peserta dari berbagai satuan kerja seperti Komite Keperawatan, Bidang Perawatan, KFK Anak, KFK Penyakit Dalam Non Infeksi, KFK Bedah, KFK Maternitas, KFK Intensif, KFK Gawat Darurat, KFK Kamar Operasi, KFK Mata, KFK Kulit Kelamin, KFK THT dan amsih banyak lagi. Acara yang dibuka oleh Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito, Dr. dr. Darwito, S.H., Sp.B(K) Onk. di Ruang Utama Gedung Diklat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta ini merupakan kelanjutan dari kegiatan pra workshop penyusunan draft revisi white paper oleh Komite Keperawatan. Dalam sambutannya, Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito berpesan kepada para peserta agar dapat mengikuti workshop dengan baik dan diharapkan dapat mengimplementasikan hasilnya di satuan kerja masing – masing. Acara workshop dimulai dengan paparan kebijakan RS dalam Kewenangan Klinis Perawat dari manajemen yang dilanjutkan dengan paparan tentang Peran OP dalam penataan kewenangan klinis perawatan, yang dialnjutkan dengan materi tentang Area Kewenangan Klinik Perawat di RSS oleh ketua Komite Keperawatan dan materi terkait White Paper sebagai pedoman Kewenangan Klinis Perawat oleh Sub Komite Kredensial.

Komite Keperawatan adalah satuan kerja fungsional dan sebagai wadah non struktural yang bertanggung jawab terhadap profesionalisme tenaga keperawatan yang membantu Direksi memberikan pemikiran dan pertimbangan untuk pengembangan kualitas penyelenggaraan pelayanan & asuhan keperawatan. Komite keperawatan mempunyai fungsi utama mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme keperawatan melalui mekanisme kredensial, penjagaan mutu profesi dan pemeliharaan profesi keperawatan sehingga pelayanan – asuhan keperawatan kepada pasien diberikan secara benar (ilmiah) sesuai standard dan baik (etis) sesuai kode etik profesi serta hanya diberikan oleh tenaga keperawatan yang kompeten dengan kewenangan yang jelas.

Dalam melakukan proses kredensial diperlukan buku putih (white paper) yang merupakan dokumen persyaratan terkait kompetensi yang dibutuhkan untuk melakukan setiap jenis pelayanan keperawatan/ kebidanan sesuai standar kompetensinya. Buku putih disusun oleh Komite Keperawatan dengan melibatkan mitra bestari (peer group) dari berbagai unsur organisasi profesi keperawatan dan kebidanan, kolegium keperawatan, unsur pendidikan tinggi keperawatan. RSUP Dr. Sardjito sudah memiliki buku putih untuk perawat yang sudah digunakan dan diterbitkan tahun 2016, namun perlu dilakukan revisi supaya lebih detail dibuat per area keperawatan dan jenjang perawat klinik. Oleh karena itu Komite Keperawatan mengadakan workshop yang bertujuan melakukan revisi white paper perawat, yang diawali dengan kegiatan Pra Workshop yang melibatkan peer group di masing masing KFK.

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.