Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
HEADER1b
header kebiasaan baru new
GANTI SUITE ROOM
esc
slide_1200x500_call_center
early screening header web

Sehat dan Bugar Untuk Tingkatkan Produktifitas Kerja

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar adalah dambaan setiap orang. Kebugaran tubuh/kebugaran jasmani dapat diartikan  sebagai kemampuan alat-alat tubuh dalam menjalankan fungsinya tanpa merasa kelelahan serta memililiki cadangan energi untuk melakukan aktifitas-aktifitas yang tidak terduga. Kebugaran tubuh dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu kebugaran statis yang berarti tubuh bebas dari penyakit, kebugaran dinamis yang berarti kemampuan untuk bekerja efisien tanpa memerlukan keterampilan seperti berjalan,mengangkat barang, dll dan yang ketiga adalah kebugaran motoris yang merupakan kemampuan tubuh untuk melakukan sebuah kegiatan yang membutuhkan keterampilan. Dari definisi tersebut dapat ditarik benang merahnya bahwa orang yang memiliki tubuh sehat belum tentu bugar, akan tetapi orang yang memiliki tubuh bugar sudah pasti sehat. Status kebugaran itu sendiri dapat dinilai dari dua komponen bebugaran yakni komponen kebugaran yang berkaitan dengan kesehatan yang meliputi daya taha jantung, paru-paru, serta kekuatan dan daya tahan otot dan yang kedua adalah komponen kebugaran yang berkaitan dengan keterampilan yang meliputi kecepatan, koordinasi, power, ketangkasan dan keseimbangan.

Untuk mengetahui tingkat kebugaran dapat dilakukan dengan tes/uji kebugaran. Ada beberapa metode untuk mengetahui tingkat kebugaran diantaranya Metode Havard yang ditempuh dengan cara peserta diminta berlatih dengan menaiki dan menuruni anak tangga sesuai dengan hitungan yang ditempuh selama 5 menit. Yang kedua adalah Metode Rockport yang ditempuh dnegan cara berlari/ berjalan cepat dalam lintasan sejauh 1 mil (1609m) setelah itu dihitung waktu tempuh serta nadi setelah latihan. Metode ini lebih sering digunakan karena relatif lebih mudah dan aman. Yang terakhir adalah Metode Walking Test yaitu metode yang dilakukan dengan cara berjalan selama 6 menit kemudian dihitung jarak yang telah ditempuh dalam waktu 6 menit itu. Perlu diketahui bahwa status kebugaran sangat penting dalam suatu institusi atau perusahaan karena dengan tingkat kebugaran yang optimal dapat meningkatkan semangat bekerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktifitas kerja.

Salah satu cara menjaga tingkat kesegaran jasmani dapat dicapai dengan berolahraga. Olahraga memiliki peran penting dalam menjaga kesegaran jasmani. Ada beberapa macam cara yang dapat dilakukan untuk berolahraga. Jenis olahraga yang paling mudah dilakukan dan juga tidak mengeluarkan biaya adalah olahraga lari. Selain itu, olahraga ini dapat disesuaikan intensitasnya dengan kebutuhan dan kemampuan tiap individu. Pada beberapa orang yang memiliki berat badan pre-obesitas dan obesitas lebih disarankan untuk melakukan olahraga ritmis dan low impact,artinya tidak banyak melakukan hentakan yang dapat mengakibatkan nyeri di sendi lutut maupun tumit. Adapun beberapa olahraga yang dapat dilakukan seperti jalan santai, jalan cepat, bersepeda atau berenang.

Melakukan olahraga secara rutin akan memberikan banyak dampak positif bagi tubuh, diantaranya meningkatkan efisiensi kerja jantung sehingga jantung menjadi lebih sehat, meningkatkan elastisitas paru-paru sehingga proses pertukaran oksigen dapat lebih maksimal, melancarkan peredaran darah sehingga suplai oksigen ke organ tubuh lebih lancar, meningkatkan kelenturan, kekuatan, serta daya tahan otot serta mengurangi kadar lemak berlebih pada tubuh sehingga kondisi tubuh lebih sehat. Begitu banyak manfaat dari latihan kebugaran, karena dengan tubuh yang bugar maka akan meningkatkan semangat untuk beraktifitas sehingga harapannya dengan berolahraga teratur, kita semua bisa semakin produktif. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai olahraga dengan teratur. Badan sehat, pikiran tenang.

Kontributor :

Unit Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit (Unit K3RS)

RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.