Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Kunjungan Studi Banding RSUD Dr.Harjono S Ponorogo ke Instalasi Gizi RSUP Dr. Sardjito

YOGYAKARTA –  RSUP Dr. Sardjito menerima kunjungan studi banding dari RSUD Dr. Harjono S Ponorogo pada Kamis (21/2) di Ruang Direktur SDM dan Pendidikan, Gedung Administrasi Pusat, RSUP Dr. Sardjito. Sebanyak 12 peserta studi banding yang dipimpin oleh Kepala Bagian Penyusunan Program RSUD Dr. Harjono S Ponorogo, Masun, S.Pt., MA, M.Ec, Dev disambut oleh dr. Djoko Windoyo, Sp.RM bersama Kepala Instalasi Gizi RSUP Dr. Sardjito, Retno Pangastuti DCN, M.Kes. Selain untuk mengetahui pengelolan penelitian dan pengembangan gizi di RSUP Dr. Sardjito, kegiatan studi banding ini juga bertujuan untuk mengetahui perencanaan penyelenggaraan makanan, monitoring pengolahan, produksi makanan, serta distribusi makanan di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Kegiatan dilanjutkan kunjungan ke Instalasi Gizi RSUP Dr. Sardjito dengan membagi peserta studi banding menjadi 6 kelompok yang akan mempelajari billing system, MSPM (Perencanaan, Penerimaan Basah + Kering, Persiapan, Penyimpanan, Pengolahan, Pemorsian, Distribusi), Billing Gizi (Rawat Inap dan Rawat Jalan), Litbang Gizi, Pengelolaan Administrasi di Instalasi Gizi dan Sistem Pencucian Alat Makan.

Permasalahan gizi di rumah sakit dinilai sesuai dengan kondisi perseorangan yang mempengaruhi proses penyembuhan. Kecenderungan terhadap peningkatan kasus penyakit terkait gizi (nutrition – related disease) pada kelompok ibu hamil, bayi, anak, remaja, hingga orang lanjut usia memerlukan penatalaksanaan gizi secara khusus. Untuk mengurangi resiko tersebut, diperlukan adanya pelayanan gizi yang bermutu demi mencapai dan mempertahankan status gizi yang optimal sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan dimana salah satunya dilakukan melalui pedoman Proses Asuhan Gizi Terstandar (PAGT).

RSUP Dr. Sardjito sebagai salah satu rumah sakit yang telah terakreditasi Joint Comission International (JCI) berupaya meningkatkan pelayanan gizi di lingkungan rumah sakit sesuai dengan kebutuhan masing-masing pasien. Pelayanan gizi yang efektif dan efisien dimulai dari sistem perencanaan penyelenggaraan makanan, monitoring pengolahan makanan, produksi makanan, pendistribusian makanan, hingga proses pencucian bahan makanan maupun alat makan yang terstandarisasi. Selain itu, Instalasi Gizi RSUP Dr. Sardjito juga senantiasa melakukan penelitian dan pengembangan gizi guna meningkatkan mutu pelayanan gizi di rumah sakit.

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.