Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
HEADER1b
header kebiasaan baru new
GANTI SUITE ROOM
esc
slide_1200x500_call_center
early screening header web

Tips Sehat dan Produktif untuk Bekerja di Musim Penghujan

Pada saat ini curah hujan di Indonesia cukup tinggi bahkan hampir setiap hari turun hujan. Dengan curah hujan yang tinggi ini dapat mempengaruhi kondisi kesehatan kita semua. Namun demikian meskipun curah hujan tinggi, kita tetap ingin kondisi tubuh kita tetap sehat dan fit sehingga produktifitas kerja tidak menurun. Berubahnya kelembaban udara di lingkungan terbuka akan mempermudah virus, kuman dan bakteri yang terbawa angin masuk ke tubuh melalui udara yang kita hirup maupun berbagai makanan dan minuman yang kita konsumsi tiap harinya. Beberapa penyakit yang sering dijumpai saat musim penghujan diantaranya infeksi saluran nafas, diare, demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk yang biasanya bersarang pada genangan air.

Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk menjaga kondisi kesehatan kita supaya tetap sehat dalam bekerja di musim penghujan. Sebelum melakukan perjalanan menuju tempat kerja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya bagi para pekerja yang menggunakan transportasi sepeda motor untuk berangkat dan pulang kerja perlu untuk memperhatikan penggunaan alas kaki yang tidak licin, tahan air dan aman untuk berkendara, persiapkan jas hujan yang berbentuk baju dan celana daripada bentuk ponco, karena jas hujan seperti itu lebih aman dari risiko menutupi pandangan pengendara yang lain dan menghindari terjepit di rantai motor dan melakukan pengecekan kendaraan sebelum berangkat  yang meliputi fungsi lampu, tekanan udara dalam ban, kontrol komponen utama kendaraan seperti kemudi, pedal gas, rem dan kopling. Dalam mengendarai kendaraan pada saat hujan, lebih baik kurangi kecepatan. Mengemudikan kendaraan dalam kondisi kecepatan rendah akan membuat alur ban kendaraan anda lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkeram ban lebih baik. Selain itu, lebih baik kita menjaga jarak aman kendaraan anda dengan pengendara lain karena pada saat hujan jarak aman pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih panjang daripada kondisi jalanan yang kering.

Selain memperhatikan langkah berkendaraan yang aman di musim penghujan, berikut merupakan tips untuk menjaga agar kondisi kesehatan dan tetap fit bekerja di musim penghujan, antara lain menambah konsumsi buah-buahan mengandung aneka jenis vitamin khususnya vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh yang kita miliki. Kedua, meningkatkan kualitas dan kebersihan makanan yang kita konsumsi. Udara yang begitu lembab dan air hujan yang turun dapat membawa dampak mengontaminasi berbagai makanan yang disajikan di ruang terbuka. Lebih bijaksana bila kita membawa bekal makanan yang dimasak di rumah sehingga kita bisa memastikan kondisi kandungan gizi dan kebersihannya. Hal lain yang perlu kita perhatikan adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh sesuai aktivitas. Pada saat musim penghujan, kita sering kali mengabaikan mengkonsumsi air putih. Suhu yang dingin adalah salah satu faktor penyebabnya, sehingga kadang kita tidak merasakan haus. Namun, perlu diketahui jika kebutuhan cairan setiap harinya tetap sama, yakni 8 – 12 gelas setiap harinya baik pada saat musim kemarau maupun musim penghujan. Jadi, banyak mengkonsumsi air sangat baik bagi kesehatan di musim penghujan agar kebutuhan cairan dapat tercukupi dan juga terhindar dari dehidrasi.

Kebiasaan mencuci tangan dengan benar untuk melindungi kesehatan kita maupun untuk mencegah penularan penyakit kepada orang lain terutama bagi kita yang bekerja di layanan kesehatan maka tindakan cuci tangan dengan sabun atau dengan handrub harus sangat diperhatikan. Budaya cuci tangan dilakukan oleh semua karyawan baik tenaga medis maupun non medis serta diajarkan juga kepada pasien dan keluarga pasien yang dirawat di RS. Mengambil waktu istirahat dengan tidur cukup di malam hari serta menghindari begadang atau terjaga hingga larut malam. Tubuh yang mendapatkan porsi tidur yang berlebih akan membuat tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot. Tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Selain itu, mengenakan pakaian yang lebih tebal dan hangat akan mempengaruhi kesehatan kita di musim penghujan. Ketika berangkat dan pulang kerja dengan menggunakan alat transportasi yang terbuka, sebaiknya gunakan jaket selain dapat melindungi dari udara dingin juga dapat sebagai pelindung anggota tubuh apabila terjadi kecelakaan. Hal terakhir yang perlu kita perhatikan adalah meningkatkan perlindungan diri. Apabila kita atau rekan kerja sudah terserang flu, maka gunakanlah masker saat bekerja. Cara ini cukup efektif untuk mencegah penyebaran virus maupun bakteri yang menular melalui saluran pernafasan. Demikian beberapa upaya yang dapat kita lakukan dengan sederhana tetapi bisa membawa dampak yang baik bagi kesehatan kerja kita dengan harapan kita dapat tetap bisa bekerja dengan aktif dan produktif di musim penghujan ini. Salam K3 !!!

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.