Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Seminar Kesehatan Kerja Bagi Karyawan di Lingkungan RSUP Dr. Sardjito

YOGYAKARTA – Direktur SDM dan Pendidikan, dr. Djoko Windoyo, Sp.RM membuka Seminar Kesehatan Kerja Bagi Karyawan di Ruang Utama Gedung Diklat Lantai IV RSUP Dr. Sardjito, Selasa (26/2). Seminar yang bertemakan “Kesehatan Fisik, Mental dan Kebugaran dalam Menunjang Produktifitas Kerja” ini terselenggara atas kerjasama Unit Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit (K3RS) dan Instalasi Perpustakaan dan Peningkatan Kemampuan SDM (IP2KSDM). Kegiatan yang bertujuan menambah pengetahuan tentang cara mempertahankan dan meningkatkan kesehatan guna menunjang produktifitas kerja ini dikuti oleh 150 peserta yang berasal dari berbagai satuan kerja di lingkungan RSUP Dr. Sardjito seperti Bagian Akuntansi, Instalasi Binatu, Instalasi Kedokteran Forensik, Instalasi Paliatif, Geriatri dan Home Care serta masih banyak lagi. Kegiatan seminar dimulai dengan laporan dari Kepala Unit K3RS, dr. Roosmirsa Gayatri, M.Sc. yang menyampaikan bahwa seminar ini diadakan dalam rangka memperingati bulan K3 Nasional sekaligus menjadikannya sebagai pilot project untuk membuat suatu program guna meningkatkan kebugaran karyawan di lingkungan kerja. Dalam sambutannya, Direktur SDM dan Pendidikan juga menghimbau kepada seluruh peserta seminar untuk senantiasa menjaga kebugaran dan kesehatan agar dapat memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat. Seminar dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang kesehatan fisik, mental dan kebugaran dalam menunjang produktifitas kerja yang dipaparkan oleh Dr. dr. Probosuseno, Sp.PD-K.Ger yang kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab dan diskusi.

Pelayanan Kesehatan Kerja di rumah sakit merupakan rangkaian upaya kesehatan yang dilaksanakan secara paripurna dengan tujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan produktivitas kerja seluruh pegawai di Rumah Sakit. Rumah sakit merupakan tempat kerja dengan banyak faktor resiko yang dapat mempengaruhi keselamatan dan kesehatan pegawai yang bekerja di dalamnya, antara lain faktor biologis, ergonomi, fisik, kimia dan psikososial. Status kesehatan pegawai akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas pegawai dalam melaksanakan tugasnya. Kesehatan kerja mencakup kesehatan fisik, mental dan kebugaran yang sangat penting dalam meningkatkan produktifitas kerja Karyawan.

Seminar Kesehatan Kerja “Kesehatan Fisik, Mental dan Kebugaran dalam Menunjang Produktifitas Kerja” bagi Karyawan RSUP Dr Sardjito merupakan salah satu upaya yang dilaksanakan oleh Unit Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Unit K3) dalam rangka memberikan edukasi tentang bagaimana menjaga kesehatan fisik, mental dan kebugaran bagi Karyawan dalam menjaga kesehatannya untuk mempertahankan dan meningkatkan produktifitas kerja. Seminar ini juga dilaksanakan dalam rangka memeriahkan dan mensukseskan Bulan K3 Nasional tahun 2019 yang jatuh pada 12 Januari sampai dengan 12 Februari dengan tema “Wujudkan kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk mendukung stabilitas ekonomi nasional”.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.