Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Menjaga Daya Tahan Tubuh Bagi Pekerja

Daya tahan tubuh adalah kemampuan dari tubuh kita sendiri yang berfungsi untuk membentengi tubuh dari serangan virus maupun kuman sehingga badan dalam keadaan sehat dan mampu melakukan aktivitas tanpa adanya gangguan kesehatan. Oleh karena itu, mengetahui bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh sangat penting untuk setiap orang apalagi bagi seorang pekerja yang dituntut dengan padatnya jadwal pekerjaan. Setiap orang pasti mendambakan memiliki tubuh yang sehat, baik itu sehat jasmani maupun sehat rohani. Akan tetapi daya tahan tubuh biasanya akan menurun jika terjadi perubahan cuaca yang ekstrim atau terdapat permasalahan psikis yang sedang dihadapi. Penurunan daya tahan tubuh akan berdampak pada kesehatan seseorang sehingga lebih mudah terserang penyakit. Untuk dapat menjaga agar daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik dan tetap kuat, maka harus meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Memiliki tubuh yang sehat akan membuat seseorang dapat bekerja dengan fokus dan menampulkan performa kerja yang prima. Selain itu, dengan memiliki tubuh yang sehat kita akan lebih efisien dalam hal biaya dan waktu. Beberapa cara menjaga daya tahan tubuh agar tetap terjaga dengan baik yang bisa kita lakukan yang pertama adalah menjaga pola pikir agar tetap berpikir positif. Dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang tenang dan juga sehat. Untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang sehat, maka harus selalu berpikir secara positif terhadap segala masalah yang terjadi baik itu di dalam keluarga, tempat kerja, maupun di dalam lingkungan sosial. Kedua, berikan waktu yang cukup untuk beristirahat. Sering melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat seharian menjadi salah satu faktor penyebab menurunnya daya tahan tubuh. Sedangkan cara untuk menghilangkan rasa capek adalah tidur yang cukup dan berkualitas untuk menjaga daya tahan tubuh.

Makan makanan yang berserat setiap harinya seperti, buah-buahan, sayur-sayuran dan kacang-kacangan juga merupakan cara menjaga daya tahan tubuh. Makanan yang berserat memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan saluran cerna sehingga asupan makanan akan lebih efektif diserap oleh tubuh. Mengatur pola makan secukupnya dengan porsi yang sewajarnya sesuai dengan kebutuhan tubuh juga menjadi hal yang penting dilakukan karena jika  makan dengan porsi yang berlebihan akan membuat badan menjadi gemuk (obesitas). Kondisi kegemukan beresiko mudah terkena penyakit yang terkait dengan jantung dan pembuluh darah. Sedangkan jika porsi makan kita sangat kurang maka akan berakibat tubuh menjadi kekurangan asupan nutrisi sehingga tubuh menjadi mudah sakit. Makan bukan hanya untuk memenuhi rasa lapar atau menuntut rasa kenyang tetapi harus dipertimbangkan kebutuhan sesuai kondisi dan aktivitas tubuh.

Selanjutnya, kita harus memperhatikan kandungan gizi yang ada di dalam makanan seperti kalori, lemak, protein dan lainnnya serta harus menghindari adanya zat-zat berbahaya lainnya yang ada pada makanan (misal boraks, formalin, jamur) karena apabila zat-zat yang berbahaya terakumulasi dalam tubuh dapat mengganggu kesehatan yang dapat menjadi faktor resiko menurunnya daya tahan tubuh. Selain itu, kita juga harus memenuhi kebutuhan vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D di dalam tubuh memiliki fungsi untuk menstimulasi sel imun untuk membunuh virus dan bakteri yang telah masuk dalam tubuh. Vitamin D bisa didapatkan melalui paparan sinar matahari pada pagi hari sekitar jam6 sampai jam 9, serta sumber makanan yaitu hati, telur, susu dan juga terdapat pada ikan.

Olahraga yang teratur diperlukan demi menjaga kebugaran tubuh. Menyempatkan waktu setidaknya minimal 15 menit setiap hari untuk berolah raga akan membantu melancarkan peredaran darah dan melatih jantung agar tetap sehat dan kondisi tetap fit. Olahraga yang dilakukan bersama- sama dapat meningkatkan perasaan gembira dan meningkatkan kualitas hubungan sosial dengan orang lain. Selanjutnya, untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, kita perlu memperhatikan asupan cairan tubuh. Rata-rata kebutuhan cairan pada orang yang sehat berkisar 1,5 – 2 liter per hari sehingga dalam 1 hari kita dianjurkan untuk minum air putih 6-8 gelas. Kehidupan bermasyarakat dengan baik akan membuat pikiran lebih tentram sehingga menimbulkan perasaan bahagia yang akan berefek pada meningkatnya hormon- hormon dalam tubuh yang berfungsi dalam  menimbulkan daya tahan tubuh. Semoga kita dapat bekerja dengan produktif, fokus dan penuh semangat.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.