Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Surveior Verifikasi KARS Berikan Apresiasi Terhadap Upaya Perencanaan Perbaikan Standar (PPS) RSUP Dr. Sardjito

YOGYAKARTA – Dalam rangka memantau kepatuhan standar akreditasi secara berkelanjutan, Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito, Dr.dr. Darwito, SH., Sp.B(K)Onk beserta jajaran direksi dan dewan pengawas RSUP Dr. Sardjito menyambut surveior verifikasi KARS, Dr. Jimmy E. Kalesaran, MARS dan Rumondang Panjaitan, S.Kep, M.Kep. di Ruang Utama Gedung Diklat RSUP Dr. Sardjito, Senin (1/4). Kunjungan yang akan berlangsung selama 2 hari hingga tanggal (2/4) ini merupakan tahapan survei verifikasi untuk melakukan verifikasi terhadap pelaksanaan perencanaan perbaikan strategis, pelaksanaan self asesment di rumah sakit dan pelaksanaan pencatatan serta pelaporan insiden keselamatan pasien yang ada di lingkungan RSUP Dr. Sardjito.

Akreditasi Rumah Sakit di Indonesia dilaksanakan untuk menilai kepatuhan rumah sakit terhadap standar akreditasi. Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1 merupakan standar akreditasi baru dengan 16 bab yang bersifat nasional dan diberlakukan secara nasional di Indonesia. Tahun ini, RSUP Dr. Sardjito kembali menghadapi Survei Verifikasi Tahun II KARS setelah sebelumnya telah menempuh Survei Verifikasi Tahun I KARS pasca reakreditasi pada 2017 silam.  Berbagai upaya perencanaan perbaikan standar (PPS) yang mencakup standar medis, manajemen maupun keperawatan dilakukan berdasarkan temuan KARS versi 2012. Upaya penguatan mutu pelayanan rumah sakit melalui empowering satuan kerja dalam hal implementasi standar akreditasi juga dijadikan sebagai budaya kerja individu melalui satuan kerja masing – masing di lingkungan RSUP Dr. Sardjito.

Selain melakukan telaah kelengkapan berkas / dokumen, para surveior juga melakukan aktivitas telusur lapangan ke beberapa satuan kerja di lingkungan RSUP Dr. Sardjito seperti Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL), Instalasi Gizi, Instalasi Kesehatan Anak (INSKA), Instalasi Rawat Jalan, Unit Stroke, Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (UPKRS) dan  masih banyak lagi. Dalam Exit Conference pada Selasa (2/4), Dr. Jimmy E. Kalesaran, MARS mengungkapkan hasil survei selama 2 hari yang berisi apresiasi terhadap seluruh civitas hospitalia RSUP Dr. Sardjito dalam hal upaya implementasi secara total akreditasi 2018 yang mendekati 95-97%; keberhasilan pengembangan beberapa jenis pelayanan baik klinik maupun non klinik; continuous improvement dalam bidang teknologi informasi, human resources management, electronic medical record dan pengendalian dokumen. Selain itu, para surveyor juga memberi dukungan kepada seluruh jajaran direksi maupun civitas hospitalia RSUP Dr. Sarjito untuk selalu optimis dan semangat dalam menghadapi akreditasi dengan senantiasa meningkatkan mutu pelayanan yang berorientasi pada keselamatan pasien. (/am)

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.