Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

RSUP Dr. Sardjito Berikan Edukasi Kesehatan Bagi Paguyuban Adhiyuswo Ngesti Rahayu

YOGYAKARTA – Unit Promosi Kesehatan RSUP Dr Sardjito menggelar edukasi kesehatan “Mengenali Gangguan Ginjal Sejak Dini” di Ruang Kuliah 3, 4 dan 5 Gedung Diklat RSUP Dr. Sardjito, Selasa (9/4). Para peserta mengawali kegiatan dengan menyanyikan lagu Mars Pangrayu, dilanjutkan dengan senam lansia, sambutan Ketua Pangrayu serta Sambutan dari Ibu Sri Rahayu, S. Kep, Ns sebagai Kepala UPKRS. Kegiatan yang dihadiri oleh 90 orang lansia dari Paguyuban Adhiyuswo Ngesti Rahayu atau PANGRAYU ini menghadirkan dr. Metalia Puspitasari, Sp. PD – KGH sebagai narasumber yang mengupas tuntas tentang gejala serta gaya hidup yang menyebabkan timbulnya penyakit ginjal.

Meningkatnya angka kejadian penyakit ginjal kini semakin tinggi. Pada sebagian orang, gangguan ginjal tidak menunjukkan banyak gejala. Namun demikian, gaya hidup diyakini menjadi salah satu penyebab terjadinya gangguan fungsi ginjal pada usia produktif. Penanganan terhadap pasien dengan gangguan ginjal selain membutuhkan terapi, tentu juga membutuhkan biaya yang tidak murah. Mengetahui lebih dini adanya gangguan ginjal memiliki peranan penting untuk mencegah dan menekan laju pertumbuhan penyakit ginjal sebelum semakin berkembang.

Ada beberapa gaya hidup atau kebiasaan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal antara lain dengan menjaga kualitas tidur, meningkatkan asupan sayur, membiasakan membaca label dalam kemasan makanan, mengecek tekanan darah, gula darah dan kolesterol, olah raga minimal 30 menit setiap hari, mengurangi stres, mengurangi konsumsi daging, perbanyak konsumsi air putih, konsultasi obat rutin yang dikonsumsi, latihan pernafasan, menjauhi rokok dan mengurangi konsumsi garam.

Edukasi kesehatan ini merupakan acara rutin yang dilakukan setiap bulan dengan materi berbeda sesuai dengan kebutuhan lansia. Selain kegiatan edukasi kesehatan, para lansia juga berkesempatan untuk dapat diperiksa tekanan darah, gula darah, asam urat dan kolesterol oleh petugas medis. Dengan keberadaan kegiatan semacam ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan lansia akan pentingnya menjaga kesehatan untuk mencegah gangguan ginjal sejak dini. (/upkrs)

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.