Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

RSUP Dr. Sardjito Gelar Pertemuan Evaluasi Capaian Kinerja RSUP Dr. Sardjito Tahun 2015-2019 Dengan Stakeholder Inti

YOGYAKARTA – Rencana Strategi Bisnis RSUP Dr. Sardjito saat ini disusun untuk jangka waktu tahun 2015-2019 dimana kita memasuki tahun ke-4 pada tahun 2018 dan akan berakhir  tahun 2019. Kamis (18/4), Direktur Umum dan Operasional RSUP Dr. Sardjito, drg. Rini Sunaring Putri, M.Kes. membuka Pertemuan Evaluasi Capaian Kinerja RSUP Dr. Sardjito Tahun 2015-2019 dengan Stakeholder Inti di Ruang Utama Gedung Diklat RSUP Dr. Sardjito. Pertemuan yang turut dihadiri oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI dan 140 orang lainnya yang terdiri Dewan Pengawas, pejabat struktural, Kelompok Staf Medik (KSM), kepala instalasi, kepala unit di lingkungan RSUP Dr. Sardjito serta narasumber dan undangan. Adapun output dari pertemuan ini meliputi koreksi atas laporan kinerja RSUP Dr. Sardjito tahun 2015-2019, masukan stakeholder inti untuk kinerja tahun berjalan (tahun 2019) dan masukan stakeholder inti untuk Rencana Strategi Bisnis (RSB) tahun 2020-2024.

Rencana Strategi Bisnis (RSB) sebagai bagian perencanaan jangka menengah yang memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program, dan kegiatan layanan sesuai dengan tugas dan fungsi RSUP Dr. Sardjito yang disusun berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Renstra Kementerian Kesehatan, Renstra AHS, dan bersifat indikatif, perlu dipersiapkan sejak awal atau dini. RSUP Dr. Sardjito telah melakukan berbagai tahapan kegiatan penyusunan RSB yang meliputi kegiatan evaluasi capaian kinerja layanan dan keuangan 2015-2019; kegiatan penyusunan analisa situasi : IPTEK, Politik, Ekonomi, Sosial – Budaya, Pendidikan, Lingkungan, dan Wawasan Global; kegiatan penggalian informasi perencanaan pelayanan kesehatan pemenuhan kebutuhan masyarakat serta penyusunan konsep RSB RSUP Dr. Sardjito 2020-2024.

Kegiatan yang dilakukan saat ini adalah kegiatan evaluasi capaian kinerja layanan dan keuangan tahun 2015 – 2019 yang bertujuan untuk  gambaran capaian kinerja layanan dan keuangan RSUP Dr. Sardjito periode tahun 2015-2019 dari stakeholder inti RSUP Dr. Sardjito dan masukan dari stakeholder inti RSUP Dr. Sardjito yaitu Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Direktur PPK BLU, Inspektur I Itjen Kemenkes RI, Deputi BPJS Regional Jawa Tengah dan DIY, Kepala Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan (P2JK) Kemenkes RI dan Dewas RSUP Dr. Sardjito. Sesi pertama dalam pertemuan evaluasi capaian kinerja RSUP Dr. Sardjito tahun 2015-2019 dengan stakeholder inti dipandu oleh Direktur Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK), Dr. dr. Andreasta Meliala, DPH, M. Kes, MAS. Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito, Dr. dr. Darwito, SH., Sp. B(K)Onk memaparkan kinerja aspek pelayanan dan aspek keuangan RSUP Dr. Sardjito tahun 2015 – 2018 yang meliputi sejarah kelembagaan, visi dan misi rumah sakit, upaya merger beberapa satuan kerja guna mewujudkan efektifitas dan efisiensi, serta layanan unggulan rumah sakit yang dilanjutkan oleh kajian Dewan Pengawas RSUP Dr. Sardjito terkait Kinerja RSUP Dr. Sardjito Tahun periode tahun 2015-2018 yang disampaikan oleh Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS. Pada kesempatan ini pula, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K).,MARS turut menyampaikan masukan kepada RSUP Dr. Sardjito terkait perlunya kajian mendalam terkait produktifitas dari masing-masing satuan kerja maupun Kelompok Staf Medik (KSM) yang ada di lingkungan RSUP Dr. Sardjito guna meningkatkan fokus pengembangan pelayanan kesehatan yang cepat, murah, dan mudah dijangkau oleh masyarakat.

Pada sesi kedua, ada beberapa paparan yang disampaikan oleh narasumber antara lain tentang Evaluasi Regulasi dan Pelaksanaan Pembayaran Klaim BPJS RSUP Dr. Sardjito Tahun 2015-2018 dan Kebijakan BPJS Tahun 2020-2024 oleh Deputi BPJS Regional Jawa Tengah dan DIY, Tarif INA CBG dan Pengembangannya 5 tahun ke depan oleh Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan (P2JK) Kemenkes RI yang dilanjutkan dengan Evaluasi Capaian Kinerja Keuangan dan Indikator BLU RSUP Dr. Sardjito Tahun 2015-2018 dan Prediksi 5 tahun ke depan (2020-2024) oleh Direktur PPK BLU serta paparan Evaluasi Ketaatan/Temuan Hasil Pemeriksaan Auditor Eksternal (BPK/ Itjen/ BPKP) dan Penyelesaian TL RSUPD r. Sardjito th 2015-2018 dan prediksi kebijakan pemeriksaan tahun 2020-2024 WBK dan WBBM oleh Inspektur I Itjen Kemenkes RI. Pertemuan evaluasi capaian kinerja RSUP Dr. Sardjito tahun 2015-2019 dengan stakeholder inti ditutup dengan rangkuman hasil temuan yang telah dipaparkan sebelumnya guna merumuskan kinerja tahun berjalan (tahun 2019) dan masukan stakeholder inti untuk RSB RSUP Dr. Sardjito tahun 2020-2024 mendatang. (/may)

 

 

 

 

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.