Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

RSUP Dr. Sardjito bersama National Taiwan University Children’s Hospital (NTUCH) Siap Wujudkan Perawatan Kesehatan Ramah Anak

YOGYAKARTA – Direktur Umum dan Operasional RSUP Dr. Sardjito, drg. Rini Sunaring Putri, M.Kes menerima kunjungan dr. Frank Leigh Lu dari National Taiwan University Children’s Hospital (NTUCH) di Ruang Bulat, Senin (22/4). Kunjungan ini merupakan tindak lanjut atas kesepakatan kerja sama antara RSUP Dr. Sardjito, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada dan National Taiwan University Hospital (NTUH) dalam mewujudkan perawatan kesehatan ramah anak. dr. Lu dari Departemen Pulmonologi Anak & Perawatan Obat Kritis NTUCH memberikan paparan tentang konsep perawatan kesehatan ramah anak yang diterapkan di NTUCH, mulai dari menggali kebutuhan anak selama menjalani perawatan, standar penyedia perawatan kesehatan anak, tantangan dalam perawatan kesehatan anak, tren perawatan kesehatan anak modern, serta desain lingkungan perawatan medis yang baik bagi anak-anak. Hal tersebut tentunya dapat dijadikan gambaran dalam implementasi perawatan kesehatan ramah anak yang akan dikembangkan oleh RSUP Dr. Sardjito. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan kunjungan ke beberapa tempat yang memberikan pelayanan medis bagi anak-anak seperti Pusat Jantung Terpadu (PJT), International Cancer Center (ICC) dan Instalasi Rawat Intensif Anak (IRIA).

Seperti halnya orang dewasa, anak-anak juga memiliki hak yang diakui dalam hukum. Hal tersebut berkaitan dengan hak anak untuk bertahan hidup dan mendapatkan perawatan kesehatan; hak perlindungan dari segala bentuk pelecehan, eksploitasi atau penelantaran; hak untuk mengembangkan potensi secara fisik, mental dan sosial; serta hak partisipasi yang berkaitan dengan hak untuk mendapatkan informasi maupun mengekspresikan pendapat mereka. Perawatan kesehatan ramah anak menjadi hal yang penting karena anak-anak masih mengalami ketakutan maupun kecemasan ketika berada dalam masa perawatan. Dalam mewujudkan perawatan kesehatan ramah anak, kita harus mempertimbangkan kebutuhan anak, baik dari aspek preventif, investigatif, kuratif maupun paliatif. Perawatan kesehatan yang berpusat pada anak atau child centered berarti tenaga kesehatan bekerja sama dengan orang tua maupun pengasuh dalam mendukung respon yang diberikan oleh anak-anak dan membantu mewujudkan kebutuhan masing-masing anak.

Layanan kesehatan ramah anak dibuat dengan desain yang berbeda dengan pasien dewasa, mulai dari ruang perawatan, desain interior, ruang bermain, maupun taman yang disesuaikan dengan visi dan sudut pandang anak-anak. Namun demikian, hal-hal seperti keamanan untuk mencegah kecelakaan, keselamatan lingkungan di rumah sakit, serta pengendalian infeksi tetap perlu kita perhatikan. Selain memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh rumah sakit, anak-anak juga berhak mendapatkan perlindungan dari pelecehan terhadap anak maupun tindakan buruk lain yang mungkin terjadi ketika mereka berada di lingkungan rumah sakit. Konsep perawatan anak modern mengubah pemikiran bahwa perawatan yang semula berpusat pada pasien, kini berubah menjadi berpusat pada anak dan keluarga, baik itu perawatan fisik, psikologis dan spiritual maupun sosial. Demi mewujudkan perawatan kesehatan ramah anak yang berkualitas, diperlukan kerjasama lintas profesi seperti dokter, perawat, apoteker, petugas rehabilitasi medik, psikolog, pekerja sosial medis dan bagian lain terkait di lingkungan rumah sakit yang mendukung proses pemulihan kesehatan pada anak. (/may)

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.