Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ vital manusia yang mempunyai berbagai fungsi seperti mengatur keseimbangan air, kalsium, potassium; menyaring racun sisa metabolik; mengatur pembuangan sodium dan lainnya. Kegagalan fungsi ginjal pada mulanya tidak menimbulkan gejala atau tersamar dengan gejala penyakit lain sehingga kadang masyarakat menyadari penurunan fungsi ini pada tahap lanjut. Beberapa gejala yang mungkin timbul pada gangguan ginjal adalah mual muntah, merasa kelelahan, kehilangan selera makan, pembengkakan di sekitar mata dan sendi, gatal yang menetap, pemendekan nafas dan kesulitan untuk tidur. Kerusakan ginjal di atas 50% bersifat irreversible, sehingga terapi yang harus dilakukan adalah terapi pengganti ginjal yaitu Hemodialisis, Continous Ambulatory Peritoneal Dyalisis (CAPD) atau transplantasi ginjal.

Menyadari pentingnya menjaga kesehatan ginjal, beberapa langkah yang dapat kita terapkan antara lain beristirahat cukup dengan mematikan perangkat seluler dan alat elektronik setidaknya 1 jam sebelum tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Perbanyak konsumsi buah dan sayur dengan menambahkan sayuran hijau pada smoothies atau jus favorit yang berguna untuk meningkatkan konsumsi sayur. Memenuhi kebutuhan air putih merupakan salah satu cara menjaga kesehatan ginjal. Saat tidur, tanpa kita sadari kita kehilangan cairan melalui pori-pori kita. Minum air putih sebangun tidur membantu mengganti cairan yang hilang. Dengan minum air putih 6-8 gelas sehari, akan sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal kita. Selain itu, usahakan agar tubuh tetap mendapat cukup cairan saat bepergian dengan membawa botol minum sendiri setiap pergi keluar rumah.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dapat mengganggu keseimbangan mineral dalam darah yang dapat memperberat kerja dan mengganggu fungsi bagian ginjal. Dalam memilih makanan, sebaiknya kita membiasakan untuk membaca label kemasan makanan terlebih dahulu untuk melihat kadar garam. Usahakan untuk memilih makanan dengan kadar garam yang paling rendah. Menjaga kesehatan ginjal bisa dilakukan dengan cara yang paling mudah, yaitu beraktivitas fisik secara rutin selama 30 menit dengan aktif bergerak dan jangan bermalas-malasan. Bagi orang yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit ginjal, penting untuk melakukan pengecekan faktor resiko dengan rutin memeriksa tekanan darah, gula darah dan kolesterol. Seiring bertambahnya usia, hampir seluruh organ tubuh akan mengalami penurunan fungsi, termasuk ginjal. Dengan menjaga kesehatan ginjal, kita turut melakukan langkah preventif dalam mengurangi kerusakan ginjal di masa mendatang demi mewujudkan angka harapan hidup yang lebih baik.

 

Kontributor :

Rini Ismiyati, Ners

Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (UPKRS)

RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.