Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Peringati Hari Hipertensi Sedunia, RSUP Dr. Sardjito Edukasi Masyarakat Melalui Siaran Radio

YOGYAKARTA – RSUP Dr Sardjito rutin melakukan edukasi kesehatan di dalam maupun luar gedung. Edukasi kesehatan di luar gedung salah satunya dilakukan melalui siaran di radio Redjo Buntung setiap bulannya. Pada bulan Mei ini, Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit mengambil tema Hipertensi dalam rangka Hari Hipertensi Sedunia yang jatuh setiap tangggal 17 Mei. Narasumber dalam edukasi pada Kamis, (16/5) yaitu dr. Metalia Puspitasari, Sp PD – KGH dari Instalasi Renal RSUP Dr. Sardjito dan Meike Mayasari, S. Gz, MPH, seorang  Dietisien dari Instalasi Gizi. Edukasi kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahamam dan kesadaran masyarakat untuk mencegah dan mengendalikan hipertensi serta melakukan pengukuran tekanan darah secara berkala.

Hipertensi bisa mengenai semua usia dan sering terjadi tanpa keluhan. Diagnosis hipertensi ditegakkan dengan pengukuran tekanan darah. Faktor resikonya adalah usia, riwayat keluarga, faktor stres dan gaya hidup yang tidak sehat diantaranya konsumsi makanan tinggi natrium dan lemak serta jarangnya beraktifias fisik. Biasanya, penderita tidak mengetahui kalau dirinya mengidap hipertensi dan baru diketahui setelah terjadi komplikasi. Komplikasi yang sering terjadi adalah penyakit jantung, stroke dan ginjal. Resiko komplikasi menurun jika tatalaksana dilakukan terus menerus seumur hidup dengan obat dan gaya hidup yang sehat diantaranya diet dengan membatasi makanan olahan atau yang diproses dengan penambahan natrium, banyak konsumsi sayur buah, olah raga teratur, hindari alkohol, tidak merokok dan menjaga berat badan normal.

Edukasi kesehatan menjadi salah satu media yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan. Hal tersebut sesuai dengan himbauan dari Kementerian Kesehatan kepada masyarakat agar dapat berpartisipasi serta mendukung upaya pencegahan dan pengendalian hipertensi, menerapkan hidup sehat yang dimulai dari keluarga, mengendalikan faktor risiko hipertensi dengan deteksi dini dan pengobatan segera dengan menerapkan  perilaku CERDIK dari waktu ke waktu.(/pkrs)

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.