Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Optimalkan Pelayanan Medis Bagi Pasien Kanker, RSUP Dr. Sardjito Gelar Workshop Kolaborasi Bersama Princess Maxima Center Belanda

YOGYAKARTA – Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Dr. Sardjito, dr. Rukmono Siswishanto, Sp.OG(K), M.Kes., membuka “Collaboration Workshop Pediatric Oncology Nursing Princess Maxima Center – Dr. Sardjito General Hospital” di Ruang Bulat, Gedung Administrasi Pusat RSUP Dr. Sardjito, Senin (29/7). Acara yang dihadiri oleh 48 tamu undangan yang terdiri dari Dewan Pengawas, jajaran direksi, perwakilan dari FKKMK UGM, pejabat struktural rumah sakit dan tim hemato-onkologi anak RSUP Dr. Sardjito ini akan digelar selama 3 hari hingga Rabu (31/7) mendatang. Turut hadir dalam acara ini sebagai narasumber dari Princess Maxima Center Belanda adalah Kim Kamphuis, Jaccoline Oosterkamp dan Jan Wink. Workshop kolaborasi yang diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari perawat onkoloi anak, perawat onkologi dewasa, perawat anak dan perawat umum ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan medis bagi anak maupun pasien dewasa dengan kanker di RSUP Dr. Sardjito melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan perawat onkologi RSUP Dr. Sardjito dalam mendiagnosis dan tata laksana penyakit kanker pada dewasa dan anak-anak.

Kasus penyakit kanker merupakan masalah kesehatan di bidang hematologi-onkologi yang perlu mendapatkan perhatian serius dari seluruh pemangku kepentingan di bidang kesehatan khususnya tenaga medis dan masyarakat. Hal yang paling utama adalah kesiapan tenaga medis yang bekerja di semua lini, mulai dari tingkat pelayanan primer hingga rumah sakit rujukan tingkat provinsi maupun nasional. Dalam rangka menunjang kesiapan tenaga medis menghadapi kasus kanker pada anak yang semakin meningkat, Divisi Hematologi Onkologi Anak (HOA) RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta bekerja sama dengan Princess Maxima Center Belanda mengadakan workhop kolaborasi untuk menambah dan meningkatkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan perawat dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien kanker di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

Workshop kolaborasi antara RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta bekerja sama dengan Princess Maxima Center Belanda akan berlangsung selama 3 hari sejak Senin (29/7) hingga Rabu (31/7) mendatang di Ruang Pertemuan Lt. 8 Gedung International Cancer Center (ICC) RSUP Dr. Sardjito. Pada hari pertama, para perwakilan dari Princess Maxima Center akan melakukan kunjungan bangsal ke Bangsal Estella, pelayanan One Day Care dan ruang pelayanan kemoterapi. Pada hari berikutnya, akan ada sesi diskusi yang membahas beberapa materi terkait dengan pelayanan medis pasien kanker seperti standar pelayanan perawatan onkologi anak, administrasi persiapan keamanan pada kemoterapi, monitoring efek samping kemoterapi, perawatan paliatif pasien kanker serta pentingnya pemberikan edukasi dan pendampingan terhadap pasien maupun keluarga pasien dengan kanker.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.