Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

RSUP Dr. Sarjito Gelar Temu Pelanggan Eksternal Tahun 2019

YOGYAKARTA – Dalam rangka membangun dan menjada kepercayaan pelanggan rumah sakit, RSUP Dr. Sardjito menggelar Temu Pelanggan Eksternal di Ruang Utama, Gedung Diklat RSUP Dr. Sardjito pada Kamis (1/8). Kegiatan tahunan yang rutin diadakan ini mengundang sejumlah stakeholder eksternal rumah sakit yang terdiri dari rumah sakit jejaring, institusi pendidikan, relawan, mitra bank, rekanan pengadaan AMHP dan BMHP serta pasien maupun keluarga pasien. Acara inti dari Temu Pelanggan 2019 RSUP Dr. Sardjito kali ini, diawali dengan laporan kinerja RSUP Dr. Sardjito dari Direktur Umum dan Operasional, drg. Rini Sunaring Putri, M.Kes. yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan acara Temu Pelanggan 2019. Dalam kesempatan ini, Direktur Medik dan Keperawatan, dr. Rukmono Siswishanto, M.Kes., Sp.OG.(K) berharap bahwa dengan kegiatan Temu Pelanggan ini, kita semua mendapatkan manfaat dan memberikan wawasan bagaimana rumah sakit selaku pemberi jasa memberikan pelayanan yang lebih baik sesuai harapan yang diinginkan oleh pelanggan dengan melakukan perbaikan dan perubahan untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Memasuki era pelayanan publik, upaya membangun dan menjaga kepercayaan (trust) menjadi sebuah keharusan bagi setiap lembaga pelayanan umum, terlebih bagi lembaga/instansi fasilitas pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta menggelar temu pelanggan eksternal yang melibatkan stakeholders ekternal rumah sakit, termasuk para pasien. Temu Pelanggan merupakan kegiatan yang rutin diadakan setiap tahunnya. Yang membedakan acara Temu Pelanggan RSUP Dr. Sardjito kali ini dari tahun-tahun sebelumnya adalah, diadakannya hiburan tarian tradisional di sela-sela acara sebagai wujud RSUP Dr. Sardjito sebagai rumah sakit berbudaya.  Sekitar 400 peserta dari berbagai instansi dan masyarakat umum, mengikuti acara temu pelanggan eksternal di ruang utama Gedung Diklat RSUP Dr. Sardjito di Sleman, Yogyakarta, Kamis (1/8). Banu Hermawan, SH., MH.Li., koordinator acara, mengatakan, temu pelanggan eskternal digelar sebagai upaya mendekatkan diri kepada masyarakat pelanggan, sekaligus membangun trust.

“Acara ini juga merupakan upaya evaluasi bersama, terutama dengan pihak manajemen terhadap proses pelayanan kesehatan yang selama ini telah dijalankan, dan selanjutnya sebagai upaya perbaikan mutu pelayanan ke arah yang lebih baik,” kata Banu, usai kegiatan.

Acara ini diharapkan dapat memberikan informasi terkini tentang perkembangan pelayanan dan peralatan medis yang tersedia di RSUP Dr. Sardjito sekaligus mengetahui harapan dan keluhan masyarakat/pelanggan. Sesi diskusi antara penyampai materi dengan peserta berjalan sangat dinamis. Sebagian besar saran yang masuk perlu adanya upaya perbaikan dan peningkatan tentang penambahan jumlah personel (SDM) dan fasilitas jasa layanan teknis, serta sistem administrasi. Beberapa peserta juga mengungkapkan rasa puas terhadap pelayanan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta yang selama ini memberikan pelayanan yang dinilai cukup baik dan memuaskan.

Pada acara ini juga disosialisasikan produk terbaru layanan, sebuah konsep layanan destinasi kesehatan (health tourism dan health destination). Program ini merupakan sebuah terobosan baru dalam upaya memberikan pelayanaan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan perlakuan khusus dalam bidang medis berpembiayaan tinggi. Program ini pun telah diperkenalkan di ajang Jogja International Travel Mart (JITM) 2019 di Yogyakarta. Dengan adanya acara Temu Pelanggan ini, diharapkan seluruh saran maupun kritik dari pelanggan dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas kerjasama dan pelayanan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta menjadi lebih baik.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.