Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Pembangunan SDM Unggul Poin Utama HUT ke-74 RI

YOGYAKARTA – Membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul, menjadi poin utama dalam momentum peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI 2019. Presiden Joko Widodo pun telah mencanangkan pengembangan SDM sebagai program prioritas, sebagai modal dasar mencapai kemajuan bangsa.

Hal demikian disampaikan Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Dr. dr. Darwito, S.B (K) OnK, sebagai pemimpin upacara, saat membacakan sambutan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, dalam peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, di halaman Instalasi Rawat Jalan, Sabtu (17/8/2019).

Upacara bendera HUT ke-74 Kemerdekaan RI diikuti oleh seluruh jajaran RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, mulai dari pejabat struktural, dokter, paramedis, petugas medis dan karyawan serta stakeholders terkait dan tamu undangan. Menariknya, para peserta upacara ini mengenakan busana adat Jawa, sebagai wujud keberagaman budaya, kebhinnekaan, yang selama ini menjadi sumber kekuatan dalam membangun bangsa.

Budaya juga menjadi inti dari seluruh upaya membangun sumber daya manusia yang unggul. Gubernur DIY dalam sambutannya menjelaskan, bahwa di era digital ini yang diminta adalah etos kerja kretif-inavatif, yang didukung oleh disiplin, selain juga keuletan bekerja dan belajar, serta berbagi.

“Untuk itu, kita harus mengambil nilai-nilai progresif untuk merebut ilmu, teknologi dan ekonomi di universitas, bank dan industri,” kata Gubernur DIY, sebagaimana sambutannya yang dibacakan oleh Dirut RSUP Dr. Sardjito.

Gubernur DIY juga mengingatkan, agar kita sebagai bangsa harus bisa meninggalkan kebiasaan menengok ke belakang, melainkan berorientasi ke depan. Sehingga, bisa membangun generasi baru yang mampu menapaki tegalan berbatu menuju bukit keberhasilan, di mana Indonesia mampu setaraf dengan negara-negara maju di dunia.

“Untuk itu, kita harus menumbuhhkan kultur baru, culture of excellence, kultur keunggulan di semua bidang kehidupan, dimulai dari arena pendidikan,” kata Gubernur.

Tema keunggulan, sambungnya, sangat menentukan tingat kemajuan dan martabat bangsa, yang digerakkan oleh visi misi akbar yang sanggup meminta pengorbanan segenap warga.

“Dipandu strategi cerdas, agar sumber daya yang terbatas pun bisa cerdas. Dimotori oleh inovsi kreatif, dikawal oleh sikap antisipati-responsif, dan dikukung oleh karater ketekunan,” jelas Gubernur.

Namun demikian, Gubernur mengingatkan, bahwa tidak ada keunggulan jika kita tidak mampu memahami, bahwa pondasi dari keunggulan dan keakbaran itu adalah budaya.

“Itulah modal utama yang menjadi pendorong kemajuan negara-negara maju,” tegas Gubernur.

Gubernur kemudian menyimpukan, bahwa basis keungulan suatu produk, organisasi, daerah, bahkan bangsa, nyata-nyata dan tidak bisa lain ialah manusia unggu, baik spiritualitas, intelektualitas dan etos kerja.

“Dan, semua itu rahasianya adalah budaya yang bertumbuh, yakni kerja keras, disiplin, berhemat dan mengutamakan pendidikan,” kata Gubernur.

Sementara itu, dalam peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di lingkup RSUP Dr. Sardjito, juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan.

Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Dr. dr. Darwito, Sp.B (K) OnK, mengatakan, berbagai perlombaan yang digelar bertujuan untuk meningkatkan keompakan dan kerja sama, yang sangat dibutuhkan dalam setiap proses kerja di lingkungan RSUIP Dr. Sardjito.

Selain itu, dalam momentum bersejarah ini, RSUP Dr. Sardjito juga meresmikan sejumlah fasilitas layanan terbaru, yaitu SAC (Sardjito Aesthethic Centre) dan SEC (Sardjito Eye Centre), MCU dan MCU Stroke, Lupus Center, dan Herbal Center. Peresmian dilakukan langsung oleh Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito, beserta direksi dan pejabat struktural, serta para undangan.

Di sela acara tersebut, juga dilakukan pemberian penghargaan dan beasiswa untuk 13 siswa-siswi SD dan 2 siswa-siswi SMP berprestasi yang merupakan putra-putri karyawan RSUP Dr. Sardjito , yang diberikan secara simbolis oleh Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito, Dr. dr. Darwito, SH, Sp.B(K)Onk.

Dalam momentum berharga dan bersejarah ini, RSUP Dr. Sardjito juga mencanangkan etos kerja bersih dan bebas korupsi, serta komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Segenap direksi bersama civitas hospitalia, dengan penuh semangat mengucapkan slogan ‘No Pungli, No Gratifikasi, Siap Melayani.’

Slogan tersebut sebagai wujud komitmen RSUP Dr. Sardjito dalam membudayakan pelayanan yang bersih, bebas korupsi, gratifikasi dan pungutan liar (pungli).

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.