Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
HEADER1b
header kebiasaan baru new
GANTI SUITE ROOM
esc

RSUP Dr. Sardjito Mengadakan Pertemuan Penyusunan Rencana Strategis Bisnis Tahun 2020-2024

YOGYAKARTA – Dalam rangka diadakannya pertemuan penyusunan rencana strategis bisnis yang akan berlangsung selama dua hari bertepatan pada tanggal 20-21 Agustus 2019 di Hotel Grand Cokro Yogyakarta RSUP Dr. Sardjito mengadakan sebuah pertemuan dengan beberapa Rumah Sakit untuk menentukan masa depan rumah sakit yaitu dalam penyusunan visi, misi, dan program kerja.

Pertemuan ini merupakan kelanjutan dari beberapa seri pertemuan sebelumnya yang sudah dilaksanakan dalam menyusun laporan kinerja baik pelayanan maupun keuangan RSUP Dr. Sardjito dalam 4 tahun terakhir ini. Selanjutnya akan dilakukan tahapan perumusan visi, misi, tata nilai, tantangan strategis dan program strategis termasuk indikator kinerja yang akan menentukan rumah sakit dalam 5 tahun kedepan dan jangka panjang. Pertemuan ini dihadiri oleh 129 peserta dari jejeran Direksi, Dewan Pengawas, Ketua Komite, SPI, Ka. Bagian, Kepala Bidang, Ka. Subag, dan Kepala Seksi, KSM Instalasi, Kepala Unit.

Direktur Umum & Operasional drg. Rini Sunaring Putri, M.Kes menyampaikan bahwa “Regulasi dalam bidang pelayanan kesehatan juga sangat cepat, mudah berubah dan membuat rumah sakit kita ini dalam perencanaan harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Karena kita adalah pelayan yang memberikan layanan kepada masyarakat. Untuk itu, strategis bisnis harus kita buat dengan cerdik supaya kedepan kita bisa menjalankan rumah sakit ini dengan baik dan tidak ada kekurangan tidak juga menjadi rumah sakit yang tertinggal. Karena jumlah macam penyakit pastinya akan bertambah terus dan kompetensi dari dokter, spesialis dan sub spesialis  sangat cepat sehingga membutuhkan suatu kecepatan dalam perubahan layanan atau perubahan fasilitas, lingkungan yang ada di rumah sakit. Untuk itu kita selalu berkeinginan untuk maju dan menjadi contoh dan ini yang sangat kita harapkan walaupun menjadi contoh dalam provinsi sehingga apa yang ada di dalam rumah sakit kita ini kekinian, terbaru dan istimewa. Dalam menghadapi tantangan masa depan Sardjito harus mampu mengatasi segala macam permasalahan dengan baik. Manfaatlkanlah pemikiran-pemikiran yang ada disetiap unit karena dapat membantu untuk membangun rumah sakit kita secara keseluruhan. Untuk 5 tahun kedepan sangat diharapkan kita akan meningkat terus sehingga rumah sakit kita bisa lebih berkibar dan mandiri 100%”.

Dalam menghadapi tantangan masa depan dengan perubahan yang dinamis dan persaingan global maka RSUP Dr. Sardjito harus mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang timbul melalui optimalisasi sumber daya yang telah dimiliki dan meningkatkan kinerja yang telah dicapai. Upaya-upaya tersebut merupakan bagian dari tujuan dalam menyusun Rencana Strategis Bisnis 2020-2024 sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sehingga visi dan misi yang telah ditetapkan dapat tercapai. Diharapkan Rencana Strategis Bisnis RSUP Dr. Sardjito dapat memberikan kontribusi nyata dalam mencapai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) bidang kesehatan dan SDG’s.

Direktur Medik & Keperawatan dr. Rukmono Siswishanto, M.Kes, Sp. OG menyampaikan bahwa “Pengertian strategik adalah hal-hal yang kita lakukan memiliki dampak besar sehingga kita akan memilih sehingga dampak itu dalam bentuk finansial, risiko, dan nama baik, dan sebagainya. Beberapa hal yang perlu kita tekankan adalah dua hal dimana 5 tahun sebelumnya kita fokus bagaimana kita bisa bertahan dengan skema BPJS dan 5 tahun kedepan ini kita harus fokus selain mempertahankan apa yang sudah kita lakukan maka kita harus meningkatkan pelayanan umum dan BPJS. Jadi kita harus melakukan perubahan-perubahan yang menjadi prasyarat untuk memasuki kompetisi. Untuk medukung itu kita harus menata beberapa hal seperti menyiapkan persiapan SDM yang harus ditata, kedua adalah data dimana harus membuat sistem data yang baik. Kemudian harus memiliki usulan untuk meningkatkan implementasi manajemen lean untuk mengurangi pemborosan, melakukan program kebaikan berkelanjutan atau perbaikan proses, meningkatkan pengembangan produk-produk baru. Produk baru dapat kita buat dengan adanya kolaborasi”.

Direktur Keuangan Drs. Amir Hamzah Mauzzy, MM, MARS menyampaikan bahwa “Keterlibatan dari dokter spesialis merupakan salah satu yang berpengaruh dengan penyusunan rencana strategis bisnis. Pada bulan Agustus ini sudah tercapai targert yang dibuat untuk tahun 2019. Untuk target 2020 target kita sudah memasuki trilliun bukan milyar. Memang tahun lalu menjadi saldo awal tetapi tahun ini menjadi saldo yang ada kita investasikan baik itu menjadi gedung maupun alat kesehatan yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan. Semoga proses pengadaan dapat berjalan cepat. Yang diharapkan bahwa kedepan setiap kebijakan harus didasari oleh data-data yang akurat. Mungkin kedepannya sistem data kita akan lebih baik lagi dan seluruh aplikasi yang berada dikeuangan dapat terintegrasi dengan baik”.

Pemantauan atas pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan dalam Rencana Strategis Bisnis dilakukan dengan melakukan monitoring dan evaluasi pencapaian target kinerja secara berkala dan terus menerus serta diikuti dengan perbaikan-perbaikan berdasarkan perencanaan dan hasil evaluasi yang telah dicapai. Risiko yang mungkin terjadi (potensi-potensi yang menggagalkan pencapaian target) atas rencana strategis rumah sakit dalam Rencana Strategi Bisnis dilakukan dengan identifikasi risiko dan disiapkan mitigasi risiko untuk mengendalikan risiko tersebut.

 

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.