Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Identifikasi Gejala Awal / Faktor Risiko Stroke dengan General Check Up

Stroke adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh banyak sekali faktor risiko biasanya disebut dengan multikausa. Adapun faktor risiko stroke dibagi menjadi dua kelompok yaitu faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi dan faktor risiko yang dapat dimodifikasi. Namun demikian terdapat hal yang sangat penting untuk disampaikan kepada masyarakat umum, dimana insidensi akan berkurang apabila telah mengetahui faktor risiko stroke lebih awal. Terdapat beberapa faktor risiko yang insidensinya terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia harapan hidup misalnya: Hipertensi, DM, dan Dislipidemia. Stroke tidak hanya menyerang lanjut usia, namun dalam 5 tahun terakhir stroke mulai menyerang pada usia produktif antara 35-50 tahun dan tentunya sangat merugikan baik secara nasional maupun individu. Karena akan membutuhkan pembiayaan yang sangat besar (LongLlife Treatment).

Identifikasi awal terhadap faktor risiko perlu dilakukan sedini mungkin dengan melakukan general check up dimana RSUP Dr. Sardjito menawarkan pelayanan tersebut dimana memberikan penanganan secara komprehensif, integratif, dam monitoring kepada pasien stroke yang memiliki faktor risiko. Skrinning faktor risiko akan dilakukan secara terjadwal dan rutin. Mengidentifikasi faktor risiko stroke pada seseorang yang kemudian dilakukan general check up yang harus segera dilakukan, setelah itu akan dilakukan pengendalian selanjutnya terhadap faktor risiko tersebut. Dengan melakukan general check up berarti seseorang telah mendapatkan informasi yang dapat dipercaya tentang kondisi pembuluh darah otaknya. Maka diharapkan, apabila seseorang sudah mengetahui faktor risiko secara dini maka dapat dicegah dan dihendari kejadian stroke dikemudian hari.

Terdapat beberapa pemeriksaan yang akan dilakukan dalam general check up, seperti skrinning terhadap tekanan darah, gula darah, kolesterol, pemeriksaan kimia darah lainnya, pemeriksaan kondisi jantung, body mass index, ankle brachial index, dan skrinning pembuluh darah otak dengan metode canggih seperti TCD, Ct Scan, dan MRI. General check up akan dilakukan sebagai upaya pencegahan, deteksi dini, dan pengawasan yang terus menerus untuk gangguan irama jantung (aritmia) termasuk fibrilasi arterial, DM, ekstrasistolik, obesitas, peningkatan kadar lipid darah, hipertensi, terganggunya aliran darah, kelemahan bawaan dinding pembuluh darah, stress menetap, pre-menopause, penyakit arteri koroner & insufisiensi jantung, bahkan usia yang berhubungan dengan kelemahan dinding arteri. Itu semua merupakan individu-individu yang memiliki potensial yang terkena stroke.

Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan apabila ingin melakukan check up general sroke, dimana pasien diwajibkan berpuasa hanya boleh mengkonsumsi air putih 8 jam sebelum pengambilan darah, kemudian dilakukan pemeriksaan darah. Kemudian persiapan treadmill tepat 2 hari sebelum pemeriksaan dilakukan, pasien akan diberikan buku general check up stroke yang berisi tentang kesimpulan tertulis mengenai profil status kesehatan yang berkaitan dengan faktor risiko stroke.

Penulis :

Dr. dr. Ismail Setyopranoto Sp. S (K)

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.