Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Pelayanan Kesehatan di Rumah “Home Care”

Pelayanan Kesehatan di Rumah terbentuk karena tindak lanjut dari perawatan di rumah sakit yang selanjutnya dapat di rawat dirumah (Home Care) konsep pelayanan dirumah sakit merupakan konsep yang sudah  lama dan mulai berkembang dengan pelayanan di rumah. Home Care terdiri tim home care yang dapat merawat pasien baik pasca dirawat dirumah sakit maupun di pasien yang ingin dirawat dirumah.

Menurut Warhola (1980 dalam Smith & Maurer) Perawatan kesehatan di rumah adalah suatu pelayanan kesehatan secara komprehensip yang diberikan kepada klien individu atau keluarga di tempat tinggal mereka di rumah, bertujuan untuk memandirikan klien dalam pemeliharaan kesehatan, peningkatan derajat kesehatan, upaya pencegahan penyakit, dan risiko kekambuhan serta rehabilitasi kesehatan.

Home Care juga dapat diartikan sebagai kesatuan yang memungkinkan pelayanan kesehatan dilakukan secara bersamaan ataupun kombinasi dari  berbagai profesi kesehatan sebagai satu kesatuan tim untuk mencapai dan mempertahankan status kesehatan klien secara optimal. Instalasi Pariatif, geriatif dan home care bagian dari pelayanan kesehatan dirumah. Variatif fokus terhadap perawatan pada pasien sebagian besar Terminal state yaitu tahapan akhir dari sebuah penyakit. Sedangkan geriatri pasien-pasien yang usia lanjut yang mengharapkan harapan usia lansia yang berusaha untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik untuk pasien maupun keluarga dan home care sebagai tempat perawatan kesehatan penyakit khusus dirumah.

Pasien-pasien yang memiliki penyakit khusus dapat menggunakan home care dengan dibantu oleh tim home care terdiri dari dokter, perawat, ahli gizi dan rohaniawan. Serta home care menyediakan fasilitas perlengkapan alat kesehatan untuk menunjang perawatan kesehatan dirumah dan memberikan obat-obatan secara continue.  Sebagai wujud perhatian terhadap lanjut usia dengan mengutamakan peran masyarakat berbasis keluarga. Pelayanan lanjut usia di rumah sangat membantu lanjut usia yang mempunyai hambatan fisik, mental dan sosial, termasuk memberikan dukungan dan pelayanan untuk hidup mandiri, sehingga mengurangi beban baik dari anggota keluarga, teman, kerabat maupun tetangga yang membantu memenuhi kebutuhan lanjut usia.

Pariatif konsepnya berusaha mendapatkan kualitas hidup yang baik untuk bagi pasien maupun keluarga, pada pasien yang suah tahap terminal state yang mendekati akhir hayat  atau meninggal target yang diharapkan adalah Good Daying atau khusnul hotimah yang dicapai, dan tim home care membantu pasien dan keluarga menghilangkan nyeri pada pasien”. (dr. Nur Azikah Sofia M.Si)

Pendirian home care secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup usia lanjut, sedang rehabilitatis yaitu pencegahan sekunder dan tertier yaitu pengobatan kronik penderita keganasan/penyakit lainnya serta menghambat laju penyakit dan menghambat timbulnya keterbatasan-keterbatasan disability sehingga penderita dapat mempertahankan otonominya selama mungkin. Secara khusus, tujuan yang diharapkan dari Pendampingan dan Perawatan lanjut usia di rumah (Stanhope & Lancaster, 1990 adalah:

  1. Meningkatnya kemampuan lanjut usia untuk menyesuaikan diri terhadap proses perubahan dirinya secara Fisik, mental dan sosial.
  2. Terpenuhinya kebutuhan dan hak lanjut usia agar mampu berperan dan berfungsi di masyarakat secara wajar.
  3. Meningkatnya kemampuan keluarga dan masyarakat dalam pendampingan dan perawatan lanjut usia di rumah.
  4. Terciptanya rasa aman, nyaman dan tentram bagi lanjut usia baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa perawatan kesehatan dirumah “Home Care” diberikan kepada individu dan keluarga baik keluarga dengan lansia di rumah tinggal mereka yang melibatkan berbagai disiplin ilmu atau profesi dalam suatu tim kesehatan yaitu Tim Home Care untuk melakukan perawatan kesehatan di rumah dengan tujuan untuk memberikan kondisi yang sehat secara optimal dan terbebasnya pasien dari penyakit yang diderita.

        Geriatri merupakan mulai menurunnya kesehatan bagi para lansia/orang tua yang perlu perawatan intensif. Perlu peran dari anak sangat dibutuhkan dalam merawat orangtua. Jika dalam kondisi mempunyai anak namun tidak tinggal bersama orang tua. Maka perlu ada yang memantau dengan pramureti atau kerabat lain untuk memantau. Maka dari itu perlu penguatan sosial dengan sekitar lingkungan agar jika terjadi apa-apa dapat membantu. (Dialog acara Dokter Kita bersama Ibu Nur).

Pada intinya pelayanan kesehatan dirumah tujuannya kualitas yang baik pada tahap veriatif, geriatif mapun home care. Memberikan perawatan yang memberikan kemudahan bagi para pasien yang ingin menggunakan perawatan home care. Gunanya untuk mengontrol kesehatan pasien yang pasca dirawat dirumah sakit ataupun pasien yang baru dan ingin dirawat dirumah.

Penulis :

Noor Asqiyah Sofia, M.Sc.,Sp.PD-KPsi. dan Dr. dr. Sudadi, Sp.An.,KNA.

KSM Penyakit Dalam dan KSM Anestesi

RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.