Fax:(0274) 565639    [email protected]
Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333   

RSUP Dr. Sardjito Kirim Bantuan 400 Tangki Air Bersih ke Gunung Kidul

RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, bekerja sama dengan sejumlah organisasi kemasyarakatan, mengirimkan bantuan 400 Tangki air bersih ke dua desa dan 14 dusun di wilayah Kabupaten Gunung Kidul serta 4 dusun di wilayah kabupaten Pacitan Jawa Timur, yang masih dilanda kekeringan, Sabtu (28/9).

Lebih dari dua juta liter air bersih yang diinisiasi oleh Tirto Sardjito, dikirim menggunakan armada tangki sebanyak 400 unit ke wilayah-wilayah tersebut yang hingga kini merupakan kawasan yang masih mengalami krisis air bersih. Terlebih, musim kemarau tahun ini diprakirakan masih akan berlangsung lama.

Guna meringankan beban penderitaan masyarakat yang terdampak kekeringan, RSUP Dr. Sardjito berinisiatif mengirimkan bantuan air bersih. Selain sebagai bentuk kepedulian, bantuan air bersih ini sekaligus upaya menyosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat (germas).

Bakti sosial diawali dengan briefing dan arahan dari Direktur Umum dan operasional drg. Rini Sunaring Putri, M.Kes di Halaman Gedung IRJ bersama Dewan Pengawas RSUP Dr. Sardjito, Dr. dr. Supriyantoro Sp.P., MARS. Rombongan yg terdiri dari Civitas Hospitalia dan Bikers sardjito, kemudian tim bergerak menuju lokasi tepat pukul 06.00 WIB.

Direktur Umum dan Operasional RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, drg. Rini Sunaring Putri, M.Kes., mengatakan, bantuan air bersih tersebut terkumpul berkat dari iuran segenap karyawan dan karyawati RSUP Dr. Sardjito. disampaikan pula, donasi air yg terkumpul melebihi target yg direncanakan yg semula 1 jt liter menjadi 2 jt liter. drg. Rini Sunaring Putri berharap agar bantuan ini dapat bermanfaat serta mendekatkan RSUP Dr. Sardjito dengan masyarakat, kedepannya diharapkan RSUP Dr. Sardjito dapat berperan serta dalam memperbaiki sumur pompa dalam, di wilayah Wota Wati.

Secara simbolis, penyerahan bantuan air bersih ini diberikan oleh Direktur Umum dan operasional drg. Rini Sunaring Putri, M.Kes bersama Dewan Pengawas RSUP Dr. Sardjito, Dr. dr. Supriyantoro Sp.P., MARS di Dusun Wotawati, Desa Pucung, Girisubo, Gunung Kidul. Sementara, sejumlah armada lainnya dikirim secara bertahap. Dalam kesempatan ini juga diserahkan bibit pohon mangga untuk penghijauan di wilayah tersebut.

Kepala Dukuh Wota wati Bapak Tujiran mewakili sejumlah warga penerima bantuan menyampaikan, mengucapkan rasa syukur kepada tuhan dan terimakasi kepada RSUP Dr. Sardjito atas bantuan air bersih bagi warga masyarakat yg sedang mengalami kekeringan air. Dengan bantuan ini diharapkan kebutuhan air bersih dan air minum masyarakat dapat terpenuhi. dan semoga masyarakat dapat memahami pentingnya air bersih dan berprilaku hidup bersih.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr. Sardjito, Banu Hermawan SH., MH.Li menambahkan, bantuan air bersih dikirimkan ke dua desa, yakni Desa Pucung sebanyak 150 tangki, Desa Songbanyu sebanyak 150 tangki dan Pacitan Jawa Timur sebanyak 100 tangki. Ia merinci, Desa Pucung terdiri dari enam dusun dan Desa Desa Songbanyu terdiri dari delapan dusun.
Lebih lanjut ia merinci lagi, bantuan air bersih diberikan ke 14 dusun, yakni Dusun Wotawati sebanyak 50 tangki (10 juta liter air), Dusun Ngreyung 10 tangki (2 juta liter), Dusun Pakel Kopek 15 tangki (3 juta liter), Dusun Traju 10 tangki (2 juta liter), Dusun Wonontoro 15 tangki (3 juta liter) dan Dusun Kandri 15 tangki (3 juta liter).

Sedangkan 100 tangki lagi dikirimkan ke Desa Songbanyu, yang meliputi Dusun Salam 1 sebanyak 10 tangki (2 juta liter), Dusun Salam 2 sebanyak 10 tangki (2juta liter), Dusun Bendungan 10 tangki (2 juta liter), Dusun Gebangsari 10 tangki (2 juta liter), Dusun Selang (15 tangki (3 juta liter), Dusun Joho 15 tangki (3 juta liter), Dusun Putat 15 tangki (3 juta liter), Dusun Gesik 15 tangki (3 juta liter).

Dalam kegiatan bantuan ini, Instalasi Sanitasi RSUP Dr. Sardjito turut berpartisipasi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pemanfaatan air dalam keadaan darurat. Selain hal itu, diharapkan masyarakat mampu memaksimalkan pemanfaatan PAH (Penampungan Air Hujan), yang terpenting dari itu masyarakat dapat terhindar dari penyakit akibat kekurangan air bersih. Salah satu caranya adalah dengan mengupayakan air yg lebih berkualitas dengan memanfaatkan penyaringan air sederhana dan menjaga air agar tidak terkontaminasi bakteri.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.