Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Amandel

Amandel merupakan kondisi dimana tonsil mengalami inflamasi atau peradangan. Amandel biasanya dialami oleh anak-anak dengan usia 4 – 8 tahun, namun tidak menutup kemungkinan juga dapat dialami oleh usia di atasnya atau orang dewasa. Pada dasarnya setiap orang memiliki potensi untuk terkena penyakit amandel karena tonsil sendiri sebagai pertahanan tubuh, namun dikarenakan dalam diri anak terdapat faktor lain seperti alergi yang ditandai dengan pilek yang ikut meradang dan membuat tonsil membesar atau disebut sebagai amandel. Amandel ditandai dengan terinfeksinya dinding tenggorokan yang kemudian meradang dan sering kambuh. Amandel ini sering ditandai dengan gejala-gejala nyeri tenggorokan, susah menelan makanan, dan demam.

Penyebab utama amandel yaitu disebabkan adanya virus yang menyebabkan radang, nyeri tenggorokan, dan demam. Apabila terjadi peradangan secara berulang, sebaiknya amandel tersebut diambil. Pada dasarnya setiap orang memiliki tonsil dan beresiko mengalami amandel, namun yang perlu dihindari untuk mencegah terjadinya amandel yaitu harus memahami tubuh kita sendiri, jika terjadi pada anak kecil maka harus lebih memperhatikan anak tersebut. Selanjutnya untuk mencegah penyakit amandel ini disarankan untuk menghindari atau mengurangi makanan yang mengandung micin atau MSG agar tidak memicu infeksi di tenggorokan.

Ketika anak mengalami alergi maka gejala amandel bisa semakin besar, untuk itu diharapkan untuk menghindari hal-hal yang menyebabkan alergi tersebut muncul, karena akan memicu terserang amandel. Selanjutnya, bagi yang sudah ada gejala-gejala amandel untuk segera memeriksakan diri ke dokter THT agar segera ditangani.

Amandel memiliki 3 pasang, yaitu yang biasa kita lihat berada di tenggorokan, berada di belakang hidung, dan berada di pangkal lidah. Tonsil ini pada dasarnya memiliki fungsi sebagai pertahanan tubuh dan seiring bertambahnya usia fungsi tonsil ini akan menurun dan akan digantikan oleh kelenjar limfe yang lain. Tonsil yang sehat memiliki ciri berwarna kemerahan seperti bibir, licin, dan ketika dilihat tidak begitu kelihatan. Karena fungsi tonsil sebagai kekebalan tubuh dan sedikit kemungkinan terkena amandel ketika anak menginjak usia 14 tahun ke atas.

Kontributor :

dr. Joice

KSM THT, RSUP Dr. Sardjito

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.