Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
HEADER1b
header kebiasaan baru new
GANTI SUITE ROOM
esc
slide_1200x500_call_center
early screening header web

Hemoroid (Ambeien)

Wasir atau ambein secara umum merupakan tonjolan yang muncul di lubang keluar atau anus yang bisa terjadi pada saat buang air besar disertai rasa nyeri bahkan keluar darah. Hemoroid terjadi akibat pelebaran pembuluh darah di daerah anus yang disebabkan karena pola hidup, biasanya karena kurang makan makanan berserat dan terlalu lama duduk mengakibatkan meningkatnya tekanan di dalam perut sehingga pembuluh darah membesar atau melebar.

Hemoroid merupakan penonjolan dari jaringan penyokong yang berada di anus yang di dalamnya berisi pelebaran bembuluh darah di anus. Hemoroid sendiri terbagi menjadi 4 stadium, pada stadium awal biasanya penderita mengalami keluhan seperti saat buang air besar terdapat darah yang keluar. pada stadium 2, penderita mengalami keluhan saat buang air besar selain keluar darah juga merasakan ada penonjolan yang keluar tetapi masih bisa masuk kembali setelah selesai buang air besar. Di stadium 3, tonjolan yang keluar mulai membesar dan sulit masuk sendiri, selain itu penderita mulai merasakan nyeri. Selanjutnya dalam stadium 4, terdapat tonjolan yang besar dan tidak bisa masuk kembali serta merasakan nyeri dan perlu adanya tindakan operasi untuk mengobatinya.

Pada dasarnya hemoroid lebih banyak diderita pada usia diatas 50 tahun, tetapi dengan adanya pola hidup yang berubah dan konsumsi makanan yang kurang serat sehingga di usia 30 tahun bisa menderita penyakit wasir. Selain itu, untuk mencegah penyakit hemoroid dianjurkan untuk melakukan pola hidup sehat. Pola hidup sehat sendiri dimulai dari mengkonsumsi makanan yang sehat dan berserat, seperti sayur-sayuran, dan buah-buahan. Makanan yang kaya akan serat akan membuat volume dari kotoran menjadi lebih besar dan lunak sehingga mudah keluar. Sedangkan makanan yang tidak dianjurkan untuk penderita hemoroid yaitu seperti daging, makanan terlalu pedas dan asam. Selain makanan berserat, dianjurkan juga untuk banyak minum air putih serta rutin berolah raga.

Untuk penderita penyakit hemoroid, dianjurkan untuk buang air besar secara teratur, karenanya dibutuhkan pola makan yang sehat. Apabila terjadi perubahan terhadap pola buang air besar untuk segera memeriksakan diri ke dokter, karena penanganan lebih cepat tentu lebih baik sebelum ke stadium lanjut. Sedangkan untuk penderita yang telah melakukan operasi diharapkan untuk tetap menjaga pola makannya agar penyakit tidak muncul kembali.

Kontributor :

dr. Suryati

KSM Bedah, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.