Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Tumbuh Kembang Tumor Otak

Tumor merupakan suatu perkembangan yang tidak semestinya di tubuh, salah satunya yaitu di otak. Tumor dalam otak bisa muncul dari otak itu sendiri atau dari penyebaran tumor atau kanker. Perlu diwaspadai gejala-gejala dini tumor otak diantaranya yaitu nyeri kepala yang berat disertai muntah, pandangan kabur.

Tumor otak ada yang primer atau penyebaran dari otak itu sendiri dan ada penyebarannya dari organ lain atau tumor dari organ lain atau biasa disebut metastasis. Tumor otak primer memiliki tipe yang beragam dan penyembuhannya pun ada yang bisa disembuhkan melalui operasi hingga kemoterapi atau melalui program. Sedangkan tumor otak metastasis memiliki faktor resiko salah satunya yaitu nyeri kepala dengan riwayat kanker serviks kemungkinan bisa terjadi bisa menyebar ke otak. Distrbusi tumor otak untuk tumor jinak didominasi oleh usia dewasa muda, dan untuk tumor ganas biasanya didominasi oleh usia dewasa tua. Jika munculnya tumor di usia dewasa muda relatif pengobatannya melalui operasi, tetapi tumor yang muncul di usia dewasa tua biasanya ganas dan tidak bisa dioperasi, maka akan dilakukan radioterapi atau dengan kemoterapi. Selain itu ada juga distribusi tumor otak yang terjadi pada anak-anak dan remaja, tetapi tidak sebanyak yang terjadi pada yang terjadi pada dewasa muda maupun dewasa tua.

Perlu diwaspadai secara umum yaitu gejala nyeri kepala mendominasi kurang lebih 80%, selebihnya tidak selalu tumor otak disertai dengan nyeri kepala, terkadang disertai gangguan penglihatan hingga kebutaan. Prinsip gejala tumor otak yaitu kronis progresif dimana gejala tersebut berlangsung lama dan semakin lama semakin memberat disertai gejala-gejala lain.

Tumor otak memiliki beberapa level atau tingkatan, diantaranya jenis tumor meningioma yaitu jenis selnya jinak, namun karena besarnya tumor atau letaknya tumor untuk penyembuhannya tidak hanya dioperasi saja, tetapi bisa dilanjutkan dengan langkah radioterapi. Selain itu ada jenis tumor ganas yaitu glioblastoma, dalam tumor jenis ini juga terdapat beberapa tingkatan diantaranya glioblastoma low grade merupakan tumor ganas tetapi masih besar kemungkinan bisa disembuhkan dengan operasi, radioterapi maupun kemoterapi. Selanjutnya ada jenis tumor glioblastoma multiforme yang merupakan tumor high grade atau paling ganas dimana kemungkinan tidak bisa disembuhkan hingga terjadi kematian sangat besar. Berkaitan dengan gejala dan diagnosis ada beberapa langkah diantaranya yaitu pemeriksaan imaging atau CT scan dengan bantuan kontras.

Tumor otak bisa menyerang siapa saja terutama dari riwayat orang tua yang pernah menderita kanker atau tumor otak dan dari dirinya sendiri yang pernah mengalami kanker kemudian melalui penyebaran yang akan menuju ke tumor otak. Untuk mencegahnya, dapat dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat, menghindari makan makanan instan, tidak merokok dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol karena hal ini dapat memicu terjadinya pertumbuhan kanker dalam tubuh meskipun tidak ada keturunan kanker.

Kontributor :

dr. Kusumo Dananjoyo

KSM Bedah Saraf, RSUP Dr. Sardjito

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.